• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Menghimpun Kreasi Seni Sineas Muda Berbakat

30 June
21:48 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang :Sumatera Barat memiliki potensi perfilman yang bisa diandalkan untuk mendongkrak ekonomi kreatif berbasis kerakyatan. Perlu penyelenggaraan ajang seni  untuk menghimpun kreasi sineas-sineas muda daerah sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Oni Yulfian, Sabtu, (30/6/2018). Ba­nyak cara yang  dapat dilakukan untuk melestarikan dan mem­­­perkenalkan budaya kepada masyarakat, salah satunya melalui film.  Menurut Oni,  film merupakan ajang lomba untuk menghimpun kreasi pelaku insan seni  guna mengangkat perfilman lokal.

''Sumatera Barat memiliki potensi perfilman yang bisa diandalkan untuk mendongkrak ekonomi kreatif berbasis kerakyatan,'' paparnya.

Untuk mencapai target tersebut butuh proses karena keinginan  mengangkat wajah perfilman lokal tidak sebatas bertumpu pada  alur ceritanya yang  kekinian, namun juga menggarap sisi lain diantaranya,  tata budaya untuk mengekspos  daerah  sehingga  dapat menjadi tujuan wisata baru.

Hal tersebut tidak berlebihan mengingat perkembangan teknologi dewasa ini ikut andil mempengaruhi budaya masyarakat, tidak terkecuali perkembangan film-film di daerah. Perkembangan film dari  tahun ke tahun mempengaruhi karakter masyarakat baik dari sisi budaya maupun wujud ekspresi seni dan diharapkan upaya ini mampu merangsang gairah perfilman di daerah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00