• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Dua KRI Disiagakan Lantamal II untuk Penyelamatan Musibah Laut

30 June
17:32 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Untuk kepentingan penyelamatan bencana di laut, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut- Lantamal II menyiagakan dua armadanya, KRI Kala Hitam – 828 dan KRI Cakalang – 852. Dua kapal perang tersebut memiliki keunggulan dari segi kecepatan dan kemampuannya mengarungi gelombang tinggi. Komandan Lantamal II, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman kepada RRI mengatakan,  selain dua  KRI tersebut, Satrol Lantamal II sebelumnya sudah menyiagakan sea Rider dan Kapal Angkatan Laut Sinyaru.

''Untuk bencana dengan skala yang lebih besar dan bersifat nasional,  kita bisa meminta bantuan pada komando atas yakni Komando Armada I,'' ujarnya, Sabtu, (30/6/2018).

Banyak hal yang mesti diwaspadai sekarang ini, salah satunya kondisi cuaca di daerah perairan. Menurutnya, peristiwa yang menimpa 200 wisatawan  di Pulau Angso Duo beberapa waktu lalu patut mendapat perhatian pemerintah dan aparat.  Cuaca sewaktu-waktu bisa berubah, oleh sebab itu perlu kewaspadaan dan  antisipasi untuk langkah penanganan yang lebih cepat. Jika terlambat, dikhawatirkan hal itu dapat merugikan keselamatan banyak jiwa, terutama wisatawan yang berwisata bahari menyeberangi lautan.

Untuk kepentingan penyelamatan musibah di laut, Satrol Lantamal II sebagaimana ditegaskan Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman telah menyiagakan kekuatan Angkatan Laut yang mumpuni. Upaya penyelamatan dan pertolongan bantuan di laut tidak hanya diperuntukkan bagi wisatawan yang menyeberang pulau, namun juga masyarakat nelayan yang sehari-harinya beraktifitas di laut. Untuk penanganan musibah lebih cepat, masyarakat diimbau agar terbuka dalam informasi dan  melaporkan setiap kejadian atau musibah laut  kepada aparat setempat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00