• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Puluhan Daging Olahan Kedaluarsa Masih Dijajakan di Plaza Andalas

7 June
16:03 2018
1 Votes (5)

KBRN, Padang; Puluhan bungkus daging olahan kedaluarsa berbagai merek dan jenis ditemukan masih dijajakan di Plaza Andalas (PA) Padang.

“Daging olahan dalam bentuk sosis, daging untuk burger, banyak yang kedaluarsa. Kami harapkan ini tidak lagi dijual, langsung dimusnahkan,” ungkap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) di PA, Kamis (7/6/2018).

Menurut Irwan Prayitno, sidak makanan berlabel dan parsel merupakan rutinitas tahunan di Sumbar.Hal itu terus dilakukan untuk memastikan keamanan pangan yang dijual di toko, pasar, dan swalayan jelang lebaran. Sebab masih ada juga pedagang makanan dan minuman nakal yang menyelipkan makanan kedaluarsa dalam rak-rak penjualan.

“Jelang lebaran, kunjungan masyarakat untuk berbelanja sangat tinggi. Ini yang cenderung dimanfaatkan oknum. Untuk itu, konsumen harus teliti. Jangan sekadar tergiur iming-iming potongan harga, karena yang dijual murah itu yang patut diwaspadai,” bebernya.

Irwan Prayitno menjelaskan, pada Ramadan tahun ini, Pemprov Sumbar, bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang, serta Polda Sumbar,menggiatkan sidak menuju 128 tempat penjualan parsel. Dari sidak itu, pada 28 toko ditemukan makanan dan minuman tak layak edar.

“Masih ada yang tidak layak edar, seperti kemasan rusak, atau kedaluarsa. Penjual sudah dimintai keterangan untuk tindak lanjut,” bebernya.

Sementara itu, Manager Supermarket Plaza Andalas, Dani menyebutkan, masih adanya daging olahan kedaluarsa yang dijajakan, bukan kesengajaan untuk memanfaatkan momen. Hal itu merupakan kelalaian petugas yang alpa untuk menarik makanan kedaluarsa dari lemari pendingin.

"Ini merupakan kelalaian kami, dan makanan tersebut akan dimusnahkan," ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00