• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

13 Puskesmas di Padang Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran

6 June
07:53 2018
1 Votes (4)

KBRN, Padang; Seluruh Puskesmas di Padang akan dibuka selama libur lebaran. Namun tak seluruhnya yang bisa memberikan layanan selama 24 jam.

"Ada 23 Puskesmas di Kota Padang. Semua buka selama cuti bersama. Tapi jangan dikira semua 24 jam. Sesuai jadwalnya," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani pada RRI, Rabu (6/6/2018).

Feri menjelaskan, Puskesmas yang buka 24 jam yakni Puskemas yang memiliki layanan rawat inap, serta Puskesmas yang lokasinya berdekatan dengan titik rawan kecelakaan lalu lintas.

"Ada 7 Puskesmas rawat inap yang buka 24 jam. Masing-masing Puskesmas Lubuk Buaya, Nanggalo, Aie Dingin, Pauh, Bungus, Seberang Padang, dan Padang Pasir," rincinya.

Sementara untuk Puskesmas yang dekat lokasi rawan kecelakaan ada 5, yakni, Puskesmas Ambacang, Ikur Koto, Alai, Aie Tawar, dan Lubuk Begalung.

Feri mengungkapkan, untuk Puskesmas yang statusnya non rawat inap, serta tidak dalam area rawan kecelakaan, layanan yang diberikan tidak 24 jam.

"Waktu lebaran diliburkan. Layanan hanya tanggal 11 sampai 14 Juni, mulai jam 08.00 - 14.00 WIB. Lalu dibuka lagi tanggal 18 - 20 Juni 07.30 - 13.00 WIB.

Feri menambahkan, untuk mendukung layanan Puskesmas, 138 tenaga kesehatan disiagakan secara bergiliran.

Sementara itu, Kepala BPJS Cabang Padang, Sistri Sembodo mengatakan, pemudik yang terdaftar sebagai peserta BPJS aktif, bisa mengakses layanan kesehatan pada seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang ada di Padang ketika sakit.

“Seluruh Puskesmas sudah bekerjasama dengan BPJS. Jadi kalau ada pemudik yang sakit ketika sampai ke Padang, bisa langsung berobat ke Puskesmas dimanapaun. Layanan ini dimulai H-8 sampai H+8,” tambahnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00