• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Libur Lebaran, Peserta JKN Bisa Berobat Dimana Saja

5 June
16:07 2018
1 Votes (5)

KBRN, Padang; Selama cuti lebaran, mulai H-8 sampai H+8, peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, tetap mendapat layanan kesehatan. Peserta JKN yang menjalani mudik, bisa mendapat layanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimanapun berada, seperti Puskesmas ataupun klinik terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Selama libur lebaran, peserta JKN yang membutuhkan layanan kesehatan di luar kota, bisa langsung menuju FKTP terdekat. Misalnya pemudik dari Jakarta menuju Padang. Ternyata sampai di Padang sakit, tetap bisa berobat menggunakan layanan JKN, meski tak terdaftar sebagai peserta di Padang,” ungkap Kepala BPJS Cabang Padang, Sistri Sembodo, Selasa (5/6/2018).

Apabila tidak terdapat FKTP yang bisa memberikan layanan saat libur lebaran di wilayah terdekat dengan pemudik, maka peserta bisa langsung mengakses layanan di instalasi gawat darurat rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Kalau Puskemas atau klinik tidak ada di lokasi terdekat atau sudah tutup ketika pemudik mau berobat, langsung saja ke IGD rumah sakit,” ulas Sistri.

Sistri Sembodo mengungkapkan, khusus bagi yang sakit dalam kondisi darurat, bisa mendapat layanan kesehatan dimanapun berada. Bahkan menuju rumah sakit yang belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sekalipun.

Namun Sistri menegaskan, peserta JKN-KIS yang bisa mendapat layanan kesehatan selama mudik, yakni peserta aktif. Unuk itu, masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN, harus memastikan telah membayar iuran rutin bulanannya.

“Kalau peserta yang nunggak membayar iuran tentu tidak bisa mendapat layanan ini,” tuturnya.

Sistri menambahkan, untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Melalui aplikasi dimaksud peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan untuk pemudik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00