• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Tingkatkan Layanan Wisata, Kota Padang Sediakan Bus Wisata Gratis

10 March
18:31 2018
1 Votes (5)

KBRN, Padang; Sasar peningkatan kunjungan wisata, Pemerintah Kota Padang akan meluncurkan operasional bus pariwisata gratis akhir bulan Maret. Sebelum resmi beroperasi, Sabtu pagi (10/3/2018), dilakukan uji coba untuk mengukur waktu tempuh bus dalam satu kali putaran.

“Rute bus ini dari Danau Cimpago Pantai Padang menuju Tugu Gempa, kemudian ke Kampung China, Jembatan Siti Nurbaya, Gunung Padang, Pantai Air Manis, lalu kembali ke jalur semula. Kemudian bergerak ke Masjid Raya Sumatera Barat, putar lagi ke Cimpago. Satu kali rute ditempuh selama 1,5 sampai 2 jam,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Padang, Medi Iswandi pada RRI, Sabtu (10/3/2018).

Medi menjelaskan, bus wisata gratis ini nantinya beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu, serta di hari libur lain. Bergerak mulai pukul 09.00 WIB dan berhenti operasional pukul 18.30 WIB. Dalam satu hari akan melayani penumpang sebanyak 5 kali putaran atau trip.

“Bus ini hanya menurunkan dan menaikkan penumpang. Satu kali berhenti di titik tunggu hanya dua menit,” katanya.

Terkait kepemilikan bus, Medi mengungkapkan, bus disewa dari pihak ketiga dengan harga Rp2 juta per hari. Dengan demikian Pemko Padang tak perlu lagi memikirkan biaya bahan bakar dengan ongkos sopir, serta pemeliharaan rutin.

“Rp2 juta kita sewa, mereka urus semuanya setiap hari. Kalau dihitung, bus ini akan melayani selama 98 hari dalam setahun. Tinggal kalikan Rp2 juta. Itu pengeluaran kita,” jelasnya.

Bus pariwisata ini, tambah Medi, beroperasi untuk memberikan layanan wisata. Bukan diproyeksikan untuk menambah pendapatan daerah, melainkan untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di jalur-jalur wisata ketika akhir pekan atau musim libur. 

“Wisatawan atau pengunjung tak perlu bawa mobil. Tinggal naik bus ini. Urusan macet terjawab. Lalu kalau untuk pendapatan, kita yakin beroperasinya bus ini akan menambah kunjungan wisata. Otomatis, mereka bayar retribusi masuk ke Pantai Air Manis misalnya, ke museum, dari situ pendapatan kita. Belum lagi kalau tamu hotel dan restoran meningkat, kita dapat dari pajaknya,” tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00