• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Pers Nasional

Hotel dan Bandara Diminta Hidupkan Suasana Minangkabau Selama HPN

25 January
17:04 2018
0 Votes (0)

KBRN, Padang; Suasana tradisi Minangkabau dihidupkan selama pelaksanaan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Sumatera Barat (Sumbar) tanggal 1 sampai 9 Februari mendatang. Tujuannya agar tamu-tamu HPN benar-benar terkesan dan merasa nyaman menginjakkan kaki di Ranah Minang.

“Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sudah edarkan imbauan pada pelaku usaha hotel supaya menampilkan suasana Minangkabau. Misalnya seluruh pegawai hotel berpakaian adat Minangkabau selama HPN. Bisa menggunakan baju kurung untuk pegawai yang perempuan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, pada RRI Padang, Kamis (25/1/2018).

Begitupula untuk makanan, ucap Oni, hotel yang menjadi tempat bermalam tamu-tamu HPN harus menyuguhkan masakan khas Minangkabau ketika sarapan, makan siang, atau malam.

Imbauan serupa, jelas Oni, juga disampaikan pada PT angkaspura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Tujuannya, agar tamu-tamu HPN yang datang melalui BIM langsung merasakan suasana tradisi Minangkabau yang kental.

“Tamu HPN yang mendarat akan sangat tertarik jika disuguhi alunan musik tradisional Minangkabau di pintu kedatangan,” ulasnya.

Oni Yulfian menambahkan, kegiatan pariwisata yang dilaksanakan selama HPN, diawali dengan perjalanan wisata bagi tamu-tamu HPN pada tanggal 5 sampai 7 Februari mendatang. Panitia telah mengundang 72 wartawan pariwisata dari 34 provinsi se Indonesia.

“Mereka kami ajak berkeliling menuju Kota Bukittinggi, Tanah Datar, Payakumbuh, dan Limapuluh Kota. Agendanya melihat dan menikmati wisata di Istana Basa Pagaruyung, Jam Gadang, Lembah Harau, dan Jembatan Kelok 9. Semua biaya perjalanan, makan, dan penginapan kita tanggung. Tapi kami tidak berikan uang saku,” tutur Oni.

Melalui kegiatan itu, harap Oni, wartawan yang diajak pelesir akan menuliskan berita tentang indahnya pariwisata Sumbar. Lalu ditayangkan di media masing-masing, sehingga destinasi wisata di Sumbar terpromosikan dengan baik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00