• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPJS Padang Optimis Capai Kepesertaan Semesta Tahun 2019

19 December
17:45 2017
0 Votes (0)

KBRN, Padang; Hingga penghujung tahun 2017, jumlah masyarakat yang terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di BPJS Kesehatan Cabang Padang mencapai 1.463.097 jiwa atau 70,53% dari jumlah penduduk.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sistri Sembodo menjelaskan, 1,4 juta jiwa dimaksud merupakan penduduk yang berada dalam cakupan kerja BPJS Kesehatan Padang. Meliputi Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Secara bertahap, program JKN terus berkembang pesat hingga kini dan bergerak menuju cakupan semesta. Kami optimis awal 2019, seluruh masyarakat di wilayah kerja BPJS Kesehatan Padang sudah menjadi peserta JKN,” ungkap Sistri, di Padang, Selasa (19/12/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan Padang, Soni Malino merinci, di wilayah kerja BPJS Kesehatan Padang, Kota Padang menjadi kota dengan persentase kepesertaan tertinggi mencapai 83,85%. 

“Secara bertahap kami terus melakukan sosialisasi hingga tingkat kelurahan agar masyarakat sadar perlunya JKN. Mereka yang belum tergabung dalam program ini, kemungkinan sudah tercover oleh asuransi kesehatan lain. Namun kami pastikan, BPJS akan terus meningkatkan layanan yang memudahkan pesertanya,” bebernya.

Sementara itu, dalam pengembangan layanan kesehatan bagi peserta JKN, BPJS Kesehatan Cabang Padang berangsur memperluas kemitraan dengan fasilitas kesehatan. Kepala Bidang Penjamin Manajemen Rujukan BPJS Cabang Padang, Delila Melati mengungkapkan, hingga saat ini, telah bermitra dengan 198 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“FKTP itu terdiri dari 82 Puskesmas, 30 Dokter Praktik Perorangan, 10 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 61 Klinik Pratama dan 15 Klinik TNI/Polri. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Padang juga telah bekerja sama dengan 70 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 31  Rumah Sakit, 25 Apotek, serta 14 Optik,” terangnya.

Selain itu, tambah Delila, BPJS Kesehatan Padang juga telah menyatukan komitmen dengan seluruh mitra fasilitas kesehatan agar mereka memberikan layanan terbaik dan transparan pada peserta BPJS.

“Rumah sakit mitra BPJS harus menyediakan informasi kamar yang tersedia secara transparan. Dilarang membedakan layanan terhadap peserta BPJS dan peserta umum. Kalau komitmen itu dilanggar, akan jadi catatan kami. Bisa saja kami hentikan kerjasama,” tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00