• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

 Breaking News

Ekonomi

DKP Kabupaten Nabire Serahkan Sejumlah Paket Bantuan Alat Tangkap dan Budidaya Untuk OAP

6 December
22:46 2018
1 Votes (5)

KBRN, Nabire : Sejumlah paket bantuan stimulan diberikan kepada kelompok nelayan dan masyarakat pembudidaya Orang Asli Papua (OAP) di Kabupaten Nabire diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire Yance Pekei, yang diterima oleh masing-masing perwakilan nelayan dan kelompok, bertempat di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire, Kamis (6/12/2018) siang .

Adapun paket bantuan yang diberikan diantaranya, alat tangkap pancing, jaring, dan rumpon untuk kegiatan pendampingan pada kelompok nelayan, motor tempel 15 pk sebanyak 35 unit untuk kegiatan pembinaan kelompok nelayan pesisir di 5 distrik dan pemberian paket budidaya benih ikan nila dan lele serta pakan ikan untuk kegiatan pegembangan bibit ikan unggul di 5 distrik.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire Yance Pekei menjelaskan sejumlah paket hibah yang diberikan kepada kelompok nelayan dan masyarakat pembudidaya OAP Di Kabupaten Nabire itu bertujuan merangsang agar masyarakat penerima dapat melangsungkan dan mamanage usahanya dengan baik, sehingga mendatangkan kesuksesan dan dapat dikembangkan secara terus menerus serta  meningkatan pendapatan ekonomi keluarga maupun kelompok.

"Paket ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan sehingga usaha mereka dapat terus berlangsung," ujar Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire Yance Pekei

Sementara kelompok nelayan maupun masyarakat pembudidaya yang menerima sejumlah paket nelayan tersebut merupakan hasil pendataan oleh penyuluh, tenaga teknis dinas dan kepala kampung agar sejumlah paket tersebut sesuai sasaran dan kepada mereka yang berhak menerima terutama OAP.

"Saya menegaskan sejumlah paket bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat berkembang dan kami juga akan terus memonitoring ke kampung-kampung, apakah berhasil atau tidak," pungkasnya.

Adapun paket yang diberikan yaitu pancing diserahkan kepada 120 orang nelayan, jaring untuk 150 orang nelayan di 5 distrik, dan rumpon 5 unit, motor tempel 15 pk sebanyak 35 unit, dan benih ikan lele dan nila masing-masing 1000 ekor beserta pakan untuk masyarakat pembudidaya ikan air tawar. Semua paket bantuan itu bersumber dari dana otonomi khusus Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nabire tahun 2018.

  • Tentang Penulis

    Arnold Saudila

    <p>Reporter RRI Nabire Papua pro3nabire@gmail.com</p>

  • Tentang Editor

    Arnold Saudila

    <p>Reporter RRI Nabire Papua pro3nabire@gmail.com</p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00