• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Karhutla Terus Terjadi di Aceh Selatan

26 February
08:15 2020
0 Votes (0)

KBRN Meulaboh: Bencana Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) masih terus terjadi di beberapa kabupaten wilayah pesisir barat Aceh akibat kondisi cuaca yang cukup terik memicu pesebaran api yang diduga sengaja dinyalakan masyarakat saat membersihkan lahan.

Sebagaimana terjadi di Kabupaten Aceh Selatan, pada Selasa (25/2/2020) petang, tidak kurang dari 1 hektare hutan di kawasan lereng gunung Simpang Tiga, Kecamatan Kluet Tengah dan 0,5 hektare lahan terbakar di Kapai Sesak, Kecamatan Trumon Timur.

"Dari hasil keterangan dan pemantauan laporan BPBD Aceh Selatan, bahwa pemilik lahan sengaja membakar lahannya untuk bercocok tanam dan berkebun," kata Kalak BPBA Sunawardi, dalam laporan Pusdatin diterima RRI, Rabu (26/2/2020).

Ia menjelaskan, kronologi awal ditemukannya titik api tersebut dari pantauan sensor Citra Satelit Lapan Fire Hotspot, terdapat satu hotspot di Kabupaten Aceh Selatan dengan tingkat kepercayaan medium, titik lokasi berada di Kecamatan Kluet Tengah.

Petugas Damkar Pos 08 Kluet Tengah juga dibantu oleh Koramil setempat bergerak kelokasi titik Hotspot tersebut dan dari hari keterangan dan pemantauan di lokasi bahwa pemilik lahan sengaja membakar untuk bercocok tanam.

Menurut keterangan dari Anggota Polsek dan anggota Koramil beserta relawan peduli api Trumon Timur yang berada di lokasi, kebakaran diakibatkan karena tumpukan kayu yang dipotong kemudian dikumpulkan lalu dibakar untuk membuka lahan.

"Kalaksa BPBD Aceh Selatan mengerahkan Pos Damkar 08 Kluet Tengah untuk melakukan pemadaman. Personil Damkar 06, anggota Koramil Trumon Timur beserta Masyarakat Peduli Api wilayah Trumon Raya melakukan pemadaman langsung di lapangan," demikian Pusdatin BPBA.

Meski pun api berhasil dipadamkan, namun hal ini menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat lain agar tidak melakukan pembakaran saat membersihkan lahan atau kebun karena dapat memicu terjadinya Karhutla.

Beberapa hari sebelumnya juga terjadi Karhutla di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Aceh Jaya, BPBA mencatat telah terjadi beberapa kali peristiwa kebakaran lahan sejak memasuki Februari 2020 ini. (Foto Dok BPBD Asel/ BPBA)

00:00:00 / 00:00:00