• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pedagang Kaki Lima Pasar Meulaboh Tidak Terima Digusur

24 February
12:05 2020
0 Votes (0)

KBRN Meulaboh: Masyarakat Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Daud Dariah II Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, melawan saat dilakukan upaya penertiban sehingga Sat Pol PP dan tim gabungan gagal melakukan penggusuran.

Saat dimulai aksi penertiban pedagang PKL ini, pimpinan tim dari Sat Pol PP Aceh Barat sempat berdiskusi panjang dan adu mulut dengan pedagang, sehingga diambil satu kesimpulan untuk dibicarakan lebih lanjut kepada pimpinan.

"Hari ini tetap berjualan, persoalan ini akan kita bicarakan lagi nanti dengan pihak pemerintah daerah," kata Darul Makmur, usai melakukan diskusi dengan Sat Pol PP dan tim gabungan yang turun ke lokasi pasar pada Senin (24/2/2020) siang.

Para pedagang ini tetap bersikeras mendirikan tenda - tenda kecil dan lapak penjualan ikan di bahu jalan karena di lokasi Pasar Bina Usaha Meulaboh, tidak tersedia tempat penjualan ikan segar.

Baca juga: Membandel, PKL Pasar Meulaboh Ditertibkan

Lokasi penjualan ikan segar hanya di komplek TPI Ujong Baroh, sementara tempat mereka sebelumnya di dalam pasar, telah digunakan untuk para pedagang ayam pedaging, itu pun tidak semua ditempati dan dimanfaatkan.

"Kami butuh tempat berjualan yang hidup ekonomi, bukan tempat menumpuk modal dan rugi. Kalau tidak ada tentunya kami akan terus mencari - cari tempat berjualan yang bisa membuat barang dagangan kami laku," jelasnya.

Meski demikian, tim Sat Pol PP Aceh Barat bersama unsur Muspika Johan Pahlawan, dari Polsek dan Koramil JP,  tetap meneruskan kegiatan mengikuti jalan Daud Dariah II mengingatkan pedagang tidak membuka lapak di luar ketentuan.

Setelah gagal menggusur para PKL penjual ikan segar, tim Sat Pol PP bergerak menuju pedagang lain yang berada di bahu jalan, beberapa penjual sayur dan rempah - rempah terpaksa menggulung lapak penjualannya setelah diingatkan.

Dalam kegiatan penertiban ini lebih kepada memberi peringatan langsung kepada pedagang, tidak ada lapak PKL yang dibongkar dan tidak ada barang dagangan yang disita petugas Sat Pol PP Aceh Barat.

00:00:00 / 00:00:00