• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dandim Aceh Barat Tinjau Lokasi Rawan Karhutla

14 February
17:53 2020

KBRN Meulaboh: Komandan Kodim (Dandim) 0105/ Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto, meninjau langsung lokasi rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk mencegah potensi itu muncul karena dapat berisiko buruk bagi masyarakat luas.

"Ini sebagai upaya antisipasi dari kita memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan membakar karena dapat mengundang karhutla," katanya di sela - sela kegiatan Jum'at (14/2/2020).

Ada pun lokasi yang ditinjau tersebut yakni di Jalan Generasi Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, daerah tersebut masuk dalam daerah lahan gambut kering dan memiliki hutan desa yang lumayan luas sehingga perlu dikontrol.

Kemudian titik kedua yang dipantau lahan gambut di Jalan Beurasok, Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan dan selanjutnya meninjau lahan gambut di Jalan Putro Ijo Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan.

"Lokasi yang kita datangi ini bisa dibilang sangat mudah terbakar apabila ada aktivitas pembakaran. Kita mengajak masyarakat untuk bersama sama mengawasi dan menjaga Lingkungan agar tidak terjadi kebakaran lahan maupun hutan," tegasnya.

Baca juga: Cegah Karhutla, Ini Pesan Dandim Aceh Barat Lewat Siaran RRI Meulaboh

Dandim Letkol Kav Nurul Diyanto, menjelaskan, bahwa kondisi cuaca saat ini sering panas dan terik sehingga mudah memicu lahan terbakar dikarenakan lahan di wilayah Kabupaten Aceh Barat merupakan lahan gambut.

TNI dan Polri saat ini melaksanakan sosialisasi dan patroli pencegahan Karhutla di wilayah Kabupaten Aceh Barat. Ia mengharapkan kepada masyarakat bersama sama untuk melaksanakan pencegahan Karhutla.

"Saya menghimbau kepada aparat desa dan Babinsa serta Babinkamtibmas bekerjasama untuk mendata pemilik lahan yang rawan kebakaran untuk diberi sosialisasi pencegahan Karhutla dikarenakan pemilik lahan sebagian besar pemiliknya dari masyarakat luar desa tersebut," demikian Dandim Letkol Kav Nurul Diyanto.

Baca juga: Danrem 012 Teuku Umar Perintahkan Jajaran Antisipasi Karhutla

00:00:00 / 00:00:00