• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh

12 February
16:59 2020

KBRN Meulaboh: Wakil Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (Mes) Kabupaten Aceh Barat, M Yunus Bidin, SH, MH menyampaikan, penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) akan dilaksanakan secara menyeluruh oleh semua perbankan di Provinsi Aceh.

"Prinsip dalam negara hukum tidak memandang siapa sebagai pemilik koorporasi jasa keuangan yang beroperasi di Aceh. Apakah badan publik (milik negara) atau badan hukum privat atau (swasta)," katanya kepada RRI, Rabu (12/2/2020).

Dosen di Universitas Teuku Umar (UTU) ini menyampaikan, secara hukum semuanya mengikat dengan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah yang berlaku di Aceh sebagai bagian dari hukum nasional. 

Pemberlakuan sistem hukum tersebut sebagai implementasi pelaksanaan syariat Islam secara kaffah (sempurna) dalam setiap aspek kehidupan masyarakat di Provinsi Aceh.

Baik itu di bidang ahwal alsyakhshiyah yakni hukum keluarga, jinayah atau hukum pidana, mau pun muamalah atau hukum perdata.

"Kami dari Masyarakat ekonomi syariat (Mes) Kabupaten Aceh Barat akan terus mensosialisasikan produk hukum Qanun tersebut dengan menjadikan spirit Al quran Surat Ali Imran ayat 104," demikian M Yunus Bidin.

00:00:00 / 00:00:00