• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Begini Cara TNI Cegah Karhutla di Nagan Raya

11 February
18:30 2020

KBRN Nagan Raya: Sejumlah personel TNI dari Koramil 05/Beutong, Kodim 0116/ Nagan Raya, Provinsi Aceh melaksanakan patroli di kawasan yang rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Personel TNI dengan menggunakan kendaraan dinas Babinsa menyambangi desa-desa atau wilayah rawan kebakaran hutan, Selasa (11/2/2020).

Bersama dengan aparat desa para Babinsa ini melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga yang kebetulan berada di kebun.

Disela-sela patroli Babinsa juga melakukan simulasi penanggulangan kebakaran dengan alat sederhana kepada warga yang disinggahi saat patroli.

"Dengan pendekatan persuasif dan langsung ini diharapkan warga desa memahami dan mengerti bahaya kebakaran hutan" Ungkap Kopda Jasrian, salah seorang Babinsa.

Menurut Jasrian, wilayah Kecamatan Beutong yang mayoritas merupakan hutan lindung sangat rentan terhadap kebakaran hutan dan lahan, apalagi nanti menjelang datangnya musim kemarau.

Letak geografis yang berupa pegunungan terjal tentu saja menyulitkan proses penanggulangan bila terjadi kebakaran. 

Untuk itu jauh- jauh hari pihaknya menghimbau  kepada warga untuk tidak membakar hutan, selain itu memasang spanduk dan himbauan di lokasi rawan kebakaran.

"Semoga dengan patroli yang kami lakukan secara rutin dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan yang saat ini menjadi sorotan dari pemerintah pusat," Pungkas Jasrian.





00:00:00 / 00:00:00