• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkab Aceh Barat Siapkan Panitia Haul Teuku Umar ke 121

23 January
21:10 2020
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mempersiapkan panitia yang akan menjadi pelaksana Haul atau memperingati Syahidnya Pahlawan Nasional Teuku Umar ke -121 yang jatuh pada 11 Februari 2020 mendatang.

Penyerahan SK panitia diberikan oleh Bupati Aceh Barat H Ramli, MS yang diwakili oleh Wakil Bupati Drs H Banta Puteh Syam di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Kamis (23/1/2020).

"Pengukuhan SK Panitia pelaksana memperingati Syahid Teuku Umar ini dibentuk untuk dapat melaksanakan hari ulang tahun Pahlawan Teuku Umar dengan baik," kata wabub dalam sambutan tertulis bupati Aceh Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala SKPK, Forkopimda, Kasdim, Kepolisian Resor serta jajarannya, Muspika, Kepala Stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh dan beberapa camat di daerah setempat.

Kata Bupati, memperingati wafatnya Teuku Umar ini sudah menjadi agenda runtin yang dilaksanan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, kegiatan ini sebagai untuk mengenang jasa pahlawan.

"Untuk memudahkan persiapan yang diperlukan maka kita bentuk panitia pelaksana peringatan syahidnya Teuku Umar ini dengan perencanaan yang matang terkait kegiatan yang akan dilakukan seperti ziarah dan do’a bersama," katanya.

Dukungan dan bekerjasama serta berkoordinasi dengan pihak terkait harus dilakukan untuk membuat jadwal sesuai jenis kegiatan yang akan diadakan dan membuat rencana anggaran biaya sesuai kebutuhan.

"Kepada semua panitia pelaksana, saya harap bisa menaati dan patuh pada agenda yang telah ditetapkan, selalu kompak dan dibarengi dengan niat yang baik agar acara dapat terlaksana dengan baik pula," harapnya.

Peringatan wafatnya Teuku Umar ini diisi dengan berbagai kegiatan yaitu, Lomba Baca Puisi tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan masyarakat umum.

Selanjutnya Napak Tilas yang dimulai dari Tugu Teuku Umar Gampong Ujong Kalak dan pergantian regu di Reudeup dilanjutkan sampai garis finish (akhir) di Mugo kecamatan Panton Reu. 

Perlombaan Napak Tilas ini diikuti dari berbagai instansi dan masyarakat umum yaitu SKPK, Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Masyarakat (Ormas), Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dan BUMN.

Termasuk sekolah-sekolah yang ada di Aceh Barat dengan jumlah peserta lomba sebanyak 25 regu. Kegiatan dimulai pada malam hari disambung dengan zikir dan do’a bersama di makam Teuku Umar di Desa Mugo Rayek, Kecamatan Panton Reu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00