• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

SAR Meulaboh Catat 31 Insiden Bencana di Tahun 2019

15 January
18:51 2020
0 Votes (0)

KBRN Meulaboh : Berdas arkan data  yang  tercatat  di SAR pos Meulaboh Wilayah Pantai Barat Selatan Aceh dengan berbagai  katagori kebencanaan yang terjadi tahun 2019 dengan total kebencanaan yaitu sebanyak 31 kejadian insiden. 

“Untuk kebencanan di laut sepanjang tahun 2019 terdapat 6 kasus bencana dalam penanganan banjir emergency 1 kasus walaupu bnyk banjir yang terjadi tetapi status emergency cuma satu , selanjutnya Kecelakaan dengan penanganan khusus satu kasu, total berbagai insiden orang hilang dan kapal nelayan putus kontak  dengan total 31 kejadian,”Kata komandan SAR Pos Meulaboh, Dwi Retno Iswara Kepada RRI, di Meulaboh Rabu (15/01/2020).

Dampak dari insiden 31 kasus yang melibatkan SAR dengan korban luka dan hilang dan meninggal dunia termasuk katagori tinggi di bandingkan tahun 2018.

“Dari data kita 13 luka berat, meninggal 23 orang, hilang 4 orang, dengan lokasi  3 di laut dan 1 di hutan hingga saat ini belum ditemukan,” ucapnya.

Dwi hetno menyebutkan hasil evaluasi dan analisa faktor kesadaran masyarakat sangat kurang terhadap keselamatan, ini menjadi penyebab tingginya  angka resiko bencana  seperti  mengunakan pengaman dan sabuk kendaraan, dan ke dua factor alam laut Aceh yang berhadapan langsung dengan  samudra india ini termasuk ekstrim, dan pergunungan yang kurang terjamah.

“Walau dalam ancaman resiko, tim SAR terus siaga terhadap bencana yang terjadi  di  wilayah Indonesia aksi SAR  dengan  respon time 25 menit.” Tegasnya.   

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00