• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Polisi Aceh Barat Tangkap Pelaku Pembalakan Liar

13 January
13:06 2020
2 Votes (1.5)

KBRN Meulaboh: Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Barat, Polda Aceh menangkap pria berinisial S (50) yang merupakan pelaku pembalakan liar (illegal logging) di Hutan Lingdung (HL) wilayah pedalaman Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, SIK, diwakili Wakapolres Kompol Zainuddin, mengatakan, hasil penyelidikan sementara pelaku bekerja tunggal dan saat diamankan ditemukan barang bukti kayu olahan dan gergaji mesin senso.

"Saat diamankan di kebun sawit, ditemukan 40 potong kayu kosen jenis kelompok meranti dan satu unit senso. Satreskrim bersama KPH Wilayah IV telah melakukan cek tunggul kayu dan pengambilan titik koordinat, masuk dalam HL," katanya dalam konferensi pers di Mapolsek Meureubo, Senin (13/1/2020). 

Proses penangkapan sebenarnya telah berlangsung pada Kamis 2 Januari 2020 lalu, kemudian setelah dilakukan penangkapan, Satreskrim Polres Aceh Barat bersama KPH dan membawa tersangka melakukan cek tungul kayu dan pengambilan titik koordinat.

Kompol Zainuddin, menjelaskan, bahwa dari hasil penyidikan tersebut benar bahwa kayu - kayu yang telah diolah tersebut dari hasil penebangan di dalam hutan lindung tepatnya di kawasan hutan Gunung Tak Sangka, Kecamatan Sungai Mas.

"Sejauh ini hasil pemeriksaan Satreskrim belum ada tersangka lain atau pihak yang diduga membekingi pelaku. Saat ini berkas perkara tersangka S ini sudah dikirim kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU)," tegasnya.

Akibat perbuatan tersebut, tersangka diancam dengan hukuman yang diatur sesuai Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2013  tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Dimana dalam pasal 82 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf b dan/ atau pasal 83 ayat (1) huruf b Jo pasal 12 huruf e, tersangka diancam pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta pidana denda Rp500 juta dan paling banyak Rp2,5 miliar. 

Dalam konferensi pers pengungkapan kasus ilegal loging ini turut dihadiri Kabag Ops Kompol Masril, Kasat Reskrim IPTU M Isral, Kabag Humas Polres, KBO Reskrim, serta jajaran Polsek Meureubo, Polres Aceh Barat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00