• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemerintah Aceh Evaluasi Pengunaan Dana Desa Aceh Barat

12 December
21:36 2019
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) melakukan evaluasi penggunaan dana desa yang diterima oleh seluruh desa di Kabupaten Aceh Barat.

"Kegiatan ini merupakan program gubernur, Pemerintah Aceh dalam program Evaluasi Dana Desa dan Gerakan Bereh di 23 kabupaten/ kota sejak 5 sampai 18 Desember 2019," kata Kadis DPMG Aceh Azhari, dalam sambutannya, Kamis (12/12/2019).

Azhari, berkata, bahwa Provinsi Aceh pada tahun anggaran 2019 mendapat kucuran anggaran dana desa sebesar Rp4,9 triliun, kemudian pada tahun anggaran 2020 mendatang mengalami peningkatan hingga bernilai Rp5,05 triliun.

Untuk Kabupaten Aceh Barat diberikan dana desa sebesar Rp249,4 miliar, selain itu Kabupaten Aceh Barat juga diberikan Dana otonomi khusus (Otsus) sebesar Rp106,1 miliar, dari total keseluruhan Otsus Aceh pada 2019 senilai Rp8,3 triliun.

Ia mengingatkan, pengelolaan dana desa di daerah setempat harus sesuai aturan dan pemerintah desa atau gampong tidak dibenarkan menggunakan dana desa tumpang tindih dengan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Barat.

"Misalkan sudah ada pembangunan Pemkab di satu lokasi, maka tidak boleh dilakukan pembangunan ditempat yang sama dengan dana desa. Demikian juga sebaliknya kepada Pemkab, tidak membangun di lokasi penggunaan dana desa," tegasnya.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Bappeda Aceh Barat, dengan narasumber utama yang hadir Kadis DPMG Aceh, Azhari, dan diikuti oleh ratusan kepala desa serta perangkatnya selama satu hari.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00