• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Pencari Kerja Lakukan Aksi Minta Bongkar Angkut Tiang Pancang PLTU 3.4 Oleh Pengusaha Lokal

9 December
20:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Meulaboh : Masyarakat pencari kerja melakukan aksi penghadangan terkait tidak di berikan kerja kepada masyarakat wilayah Aceh Barat, Aceh Jaya dan Nagan Raya, dalam pengangkutan material Tiang Pancang pembangunan PLTU 3,4 Nagan Raya yang di impor dari china  melalui pelabuhan Calang Aceh Jaya. 

"Kita minta kerja pada perusahaan Pembangunan PLTU 3.4 namun tidak ada respon positif yang di berikan oleh perusahan tersebut, kami masyarakat tidak mungkin sebagai penonton saja,"kata  Salah Seorang Warga Nasir kepada Wartawan di Meulaboh, Senin ( 09/12/2019).

Aksi penghadangan terkait ingin beroperasinya PT. Indonesian Ocean Truck  di gampong Lagung kecamatan Meureubo Aceh Barat, menarik perhatian masyarakat.

"Kami putra daerah, hanya melihat saja tidak bisa bekerja, kita mendesak pemerintah utamakan pengusaha lokal untuk bisa kerja tenaga lokal juga," tutupnya.

Masyarakat wilayah tersebut meminta agar pekerjaan bongkar dan muat tiang pancang di lakukan oleh perusahan lokal  yang berada di wilayah pantai Barat Aceh ini. 

"Kita bukan alergi terhadap keberadaan orang asing yang sedang melakukan pembangunan PLTU di Nagan Raya, tetapi kearifan lokal dan pengunaan fungsi tenaga lokal juga harus di berdayakan." Ucapnya. 

Selain itu terkait adanya upaya pihak tertentu yang ingin menjadi tameng masuknya perusahaan luar kita juga siap melaporkan secara tersurat kepada pimpinan atas, sebab atas kepentingan rakyat mari kita junjung kearifan Aceh.

Sebelumnya, berdasarkan infomasi yang diterima oleh Kantor Unit Penyelenggaraan  Pelabuhan Kelas III Calang, kapal pengangkut tiang pancang bahan baku PLTU 3 - 4 Meulaboh  akan masuk pada 9 desember 2019.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kantor Unit Penyelenggaraan  Pelabuhan Kelas III Calang,  Azwana Amru H, SE  menyebutkan Sejak pembangunan PLTU, bahan baku di angkut melalui pelabuhan calang Aceh Jaya,  ad dua kapal asal Vetnam yang melakukan pelayaran dari China ke Aceh, pada desember ini juga akan masuk kembali.

"Terkait penyedia jasa bongkar muat di pelabuhan Calang pihaknya memastikan aman, dan pihak Kantor Unit Penyelenggaraan  Pelabuhan Kelas III Calang belum menerima nama perusahan yang akan menangani terkait bongkar muat  kapal bahan baku PLTU,'' ucapnya.

Sementara itu pihak  Manajemen PT. Indonesia Ocean Truck yang di tunggu wartawan hingga berita di turunkan belum ada konfirmasi resmi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00