• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DPRA Tinjau Rumah Tergerus Erosi di Aceh Barat

5 December
21:22 2019
2 Votes (1.5)

KBRN Meulaboh: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Fuadri, M,Si meninjau kondisi rumah warga Desa Alu Keumang, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat yang terancam ambruk ke sungai akibat gerusan erosi.

"Persoalan dihadapi masyarakat ini sangat berat. Kita sudah mendengar langsung kondisi ini sudah beberapa tahun lalu. Ada enam rumah warga telah ambruk ke sungai dan ada beberapa lagi juga terancam," katanya  kepada wartawan saat meninjau lokasi, Kamis   (5/12/2019).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyampaikan, segara menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Aceh agar dapat dilakukan penangganan, sebab ada beberapa rumah lagi disepanjang DAS yang juga terancam ambruk.

Warga yang rumahnya telah ambruk, tidak memiliki tempat tinggal harus mendapatkan rumah, kemudian mendesak segera dibuatkan tebing pengelak arus sungai yang terus menggerus permukiman serta rumah penduduk.

"Kita akan sampikan ke Pemprov Aceh agar cepat ditangani kondisi Alu Keumang ini. Harapannya bisa melalui program tanggap darurat dan pembangunan anggaran tahun 2020 dan 2021 nanti," jelasnya lagi.

Selain itu, Fuadri, menyampaikan, ada satu unit jembatan di daerah setempat yang menghubungkan warga menuju ibu kota kecamatan dan kabupaten telah roboh sejak 2018 sampai saat ini belum ditangani.

Jembatan tersebut merupakan akases untuk kebutuhan layanan dasar warga, baik itu pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi. Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut - larut.

"Tidak boleh kita biarkan warga kita di sini tidak mendapat akses layanan dasar. Kita minta Pemda Aceh Barat dan Pemprov Aceh membantu agar jembatan penghubung sedapat mungkin dibangun kembali karena ini akses dibutuhkan untuk kepentingan sosial, kesehatan pendidikan dan ekonomi warga pedalaman," demikian Fuadri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00