• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Tokoh: Provinsi ABAS Harus Segera Terbentuk

12 November
11:44 2019
2 Votes (1.5)

KBRN Meulaboh: Tokoh pemrakarsa pemekaran Provinsi Aceh Barat Selatan (ABAS) Cut Agam, menyatakan, sudah saatnya pemerintah pusat merealisasikan janji politik melakukan pemekaran Aceh dengan membentuk provinsi di wilayah pesisir Aceh.

"Pemekaran dan pembentukan Provinsi ABAS untuk mempercepat pembangunan. Sudah lebih 10 tahun kita berjuang, semua berkas, rekomendasi telah kita siapkan, kita menanti realisasi janji pemerintah pusat," katanya kepada RRI, Selasa (12/11/2019).

Pria yang telah berusia lebih 70 tahun ini, masih lantang menyuarakan segera terbentuknya provinsi di wilayah pesisir barat Provinsi Aceh, yang terhimpun mulai dari Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Simeulue, Singkil dan Kota Subulussalam.

Dengan adanya pemekaran, kata Cut Agam, maka akan cepat mengejar laju pembangunan di wilayah pesisir barat Aceh yang kini masih jauh tertinggal dibanding wilayah utara dan timur Aceh, terutama bidang infrastruktur.

Kemudian rentang kendali pemerintah pusat pun akan semakin dekat, ketika wilayah barat selatan Aceh telah berpisah secara administrasi terkait pengelolaan pemerintah, termasuk dalam pengelolaan sumber daya alam dimiliki.

"Birokrasi pemerintah pusat berbelit - belit, padahal usulan Provinsi Abas ini sudah lama masuk, namun hilang timbul seiring adanya pergantian dan rombak kabinet kerja pemerintah pusat sejak tahun 2009," jelasnya lagi.

Cut Agam optimis, pemerintahan Jokowi - Makruf Amin, dapat mewujudkan janji politik dimasa pemerintahan presiden Republik Indonesia ke - 5 yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk pemekaran Provinsi Aceh menjadi tiga bagian.

Sebelumnya pernah tercetus ide pemekaran untuk 23 kabupaten/ kota di Provinsi Aceh, dengan terbentuk dua wilayah baru, pertama yakni Aceh Leuser Antara (Provinsi ALA) untuk wilayah tengah Aceh dan Aceh Barat Selatan (ABAS) untuk wilayah pesisir Aceh.

"Papua saja, sudah dilakukan dan diberikan. Kenapa ABAS tidak bisa, warga barat selatan sudah sangat lama menantikan pemekaran dengan terbentuknya Provinsi Abas. Saya sudah tua, tapi anak cucu kita nanti yang merasakan bila terwujud," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00