• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Majelis Adat Aceh Latih Penguatan Adat Kaum Perempuan

12 November
11:15 2019
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, melalui Majelis Adat Aceh (MAA) mengadakan pembinaan dan pelatihan perempuan untuk meningkatkan sumber daya manusia perempuan memahami adat dan hukum di daerah setempat.

"Sebelumnya kita telah melatih kaum pria dan pemangku adat, hari ini adalah kaum perempuan sehingga mereka benar - benar memahami adat dan hukum adat sebenarnya," kata Ketua MAA Aceh Barat, Cut Agam, kepada RRI, Selasa (12/11/2019).

Pria yang akrap disapa Ayah Cut, ini menyampaikan, adat dan hukum di Aceh sudah jelas tertuang dalam lembaran daerah, tinggal disosialisasikan kepada masyarakat agar lebih paham dan mengenal adat di daerah sendiri.

Ia menyampaikan, bahwa era saat ini kondisi adat dan budaya bisa melenceng dari kearifan lokal Aceh, terutama yang mengatur tentang tatanan kehidupan sosial masyarakat yang berlandaskan hukum agama Islam.

"Kegiatan ini akan kita adakan berkala, khusus untuk kaum perempuan. Harapan kami peran semua stekholder terkait mendukung, bila ada kebijakan saya salah umpamanya dalam mengatur adat, maka ditegur, kita bangun bersama Aceh Barat," jelasnya.

Cut Agam, menyampaikan, bahwa landasan utama penguatan hukum adat di Aceh adalah hadih maja yang sudah begitu dikenal yakni "Adat bak po teumeureuhom, hukom bak syah kuala, qanun bak putroe phang, reusam bak laksamana".

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari di Kantor PKK Aceh Barat tersebut diikuti sebanyak 50 peserta kaum perempuan yang berlatar belakang tokoh adat, tokoh perempuan dan bidang pemberdayaan Putroe Phang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00