• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan Dan Teknologi

Pemkab Aceh Barat Rembuk Pendidikan Daerah

11 November
21:58 2019
2 Votes (1.5)

KBRN Meulaboh: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengadakan remuk pendidikan daerah untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkarakter dan bersaing tinggi dengan melibatkan publik.

Kegiatan dibuka Bupati Aceh Barat H Ramli, MS, di Aula Setdakab Aceh Barat, Senin (11/11/2019), dengan tema "Melalui rembuk pendidikan kita wujudkan mutu pendidikan yang berkarakter serta aktualisasi  tupoksi MPD Kabupaten Aceh Barat  dalam sistem penjaminan mutu eksternal (SPME)".

"Rembuk Pendidikan tersebut adalah untuk membentuk persamaan persepsi apa-apa saja yang selama ini menjadi kendala pendidikan di Aceh Barat khususnya di daerah-daerah terpencil yang jauh dari pusat kota," kata H Ramli. MS dalam sambutannya. 

Selain itu Bupati mengatakan Rembuk Pendidikan agar melahirkan rekomendasi kepada dirinya tentang pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan Kabupaten Aceh Barat. 

Ramli, MS menyampaikan, Pemkab Aceh Barat berkomitmen melahirkan generasi yang syar'i, cerdas, santun dan berideologi pancasila yang terhindar dari narkoba, internet yang tidak sehat dan pergaulan bebas 

"Salah satu bukti komitmen tersebut adalah dengan melahirkan Kurikulum Muatan Lokal agar guru pasantren dapat mengajar di sekolah umum yang bertujuan menciptakan generasi yang yang berilmu dan berketauhidan tinggi serta berakhlak mulia," jelasnya.

Ia meminta agar para peserta dapat mencari metode dan format agar guru bisa mendidik anak tanpa kekerasan guna mensukseskan program sekolah ramah anak yang beberapa hari lalu telah dideklarasikan oleh Pemkab Aceh Barat.

Sekretaris Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Barat Zarkasyi S. Pd mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memaksimalkan pelibatan publik dalam menyukseskan program pendidikan Aceh Barat serta untuk menyusun langkah tahun 2020.

Kegiatan tersebut diikuti 250 orang peserta yang berasal dari unsur Kepala Sekolah, SKPK terkait dan stakeholder pendidikan lainnya. Adapun lokasi pelaksanaan kegiatan berlangsung di 2 lokasi yaitu Aula Setdakab dan Aula Dinas Pendidikan. Sedangkan Narasumber yang dihadirkan adalah Wakil Ketua MPD Aceh Dr. Nazamuddin dan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Aceh.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRK Aceh Barat H. Kamaruddin, SE, perwakilan dari Kapolres Aceh Barat, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat Drs. Ridwan Yahya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar, S.Ag dan Ketua MPD Aceh Barat Dr. Charuddin, M.Pd. (foto Diskominfo Aceh Barat).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00