• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana CPO di wilayah Barat - Selatan Aceh

17 October
16:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Calang :  PT. Calang Sejati Indah melakukan ekspor komoditi minyak mentah atau CPO seberat 4.900 Ton yang diangkut oleh MT. MEKONGTRANS 02 dengan tujuan India melalui Pelabuhan Calang - Aceh Jaya. Ekspor CPO ini merupakan ekspor perdana secara langsung melalui pelabuhan yang ada di wilayah sekitar barat-selatan Aceh. Dimana sebelumnya ekspor dilakukan di pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Plt. Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah, Bupati Aceh Jaya Tengku Irfan TB, Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh Safuadi, Kepala Bea Cukai Meulaboh Akbar Harfianto dan instansi-instansi terkait. 

Dalam sambutannya, Nova Iriansyah sangat mengapresiasi Bea Cukai atas bantuan yang diberikan untuk memperlancar ekspor CPO perdana di wilayah barat-selatan Aceh. Beliau sangat bangga dan bersyukur bahwa hasil bumi barat-selatan Aceh akhirnya bisa diekspor secara langsung melalui pelabuhan Calang dan berharap kedepannya makin banyak produk dan komoditi dari wilayah pantai Barat-Selatan Aceh yang bisa diekspor. "Saya bersyukur dengan dilakukannya ekspor perdana ini, karena nanti CPO yang ada di Aceh Jaya, tidak perlu dikirim ke Banda Aceh atau daerah lain karena sudah bisa langsung diekspor melalui Aceh Jaya. Sehingga proses ekspor menjadi lebih efisien baik waktu maupun biaya. Aceh Jaya memiliki tanah yang sangat subur, singkong, ubi jalar, hingga jeruk bali tumbuh subur dan Aceh Jaya salah satu daerah potensial di provinsi Aceh" ujarnya.

Dalam rangka terwujudnya ekspor perdana ini, Bea Cukai Meulaboh secara intensif melakukan asistensi terkait ketentuan ekspor CPO. Asistensi dilakukan guna memastikan kesiapan sarana dan prasana serta kelengkapan administrasi, agar ekspor dapat berjalan dengan lancar dan sesuai ketentuan yang berlaku salah satunya terkait pengujian sampel yang dilakukan di Laboratorium Bea Cukai Medan guna memastikan bahwa cairan yang diekspor memang benar merupakan CPO. 

Upaya mendorong perekonomian Barat - Selatan Aceh, Bea Cukai Meulaboh telah melakukan sinergi dengan Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Barat - Selatan Aceh  dan Instansi  terkait. Selain itu, Bea Cukai Meulaboh telah mengadakan "Focus Group Discussion (FGD)" menggali potensi produk dan komoditi Barat - Selatan Aceh, serta meluncurkan program "Desk Fasilitas" yang bertujuan memetakan potensi daerah di wilayah Barat - Selatan Aceh. 

Dengan adanya ekspor perdana langsung dari Pelabuhan Calang - Aceh Jaya, diharapkan semakin banyak pengusaha maupun masyarakat yang kemudian tertarik untuk menjual produk dan komoditi Barat - Selatan Aceh ke luar negeri langsung dari pelabuhan-pelabuhan yang berada di Barat - Selatan Aceh sehingga mendorong ekonomi masyarakat sekitar dan tentunya akan menumbuhkan iklim investasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00