• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan Dan Teknologi

IPELMAJA Seminarkan Tantangan Era Revolusi 4.0

14 October
22:03 2019
0 Votes (0)

KBRN Meulaboh: Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Aceh Jaya (IPELMAJA) mengadakan dan mengikuti seminar yang membahas tantangan menghadapi daya saing era revolusi 4.0 dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia berkualitas.

Wahyudin, ketua Ipelmaja, dalam pers rilisnya kepada RRI, Senin (14/10/2019) mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi Ipelmaja dengan stake holder, khususnya bagian Kesra Pemkab Aceh Jaya yang diikuti sebanyak 80 peserta.

Peserta yang hadir antara lain kalangan pemuda dan mahasiswa Aceh Jaya, perwakilan bidang Kesra  pemkab Aceh Jaya, serta dibuka oleh bupati Aceh Jaya, diwakili Asisten I bidang pemerintahan, keistimewaan Aceh, kesejahteraan Aceh, Ichwan S. Sos.

Adapun pemateri yang dihadirkan berturut-turut tampil antara lain Doktor Syamsuar Basyariah, MA dari kampus STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh serta  Said Fadhlain, S. IP., MA, Dosen Ilmu Komunikasi FISIPOL UTU, Meulaboh dan berlangsung Sabtu, 12 Oktober 2019, Aula P2A Setdakab Aceh Barat.

Era revolusi (Industri) 4.0 merupakan trend digitalisasi dan otomatisasi yang mnyentuh diberbagai aspek kehidupan sosial masyarakat di berbagai belahan bumi.

Era ini ditandai pulu disrupsi di tengah - tengah kehidupan masyarakat, yang memberikan dampat terjadinya perubahan besar-besaran baik pola pikir, sikap dan tindakan dalam memenuhui tantangan peradaban globalisasi.

Banyak statistik menunjukkan terjadinya peningkatan angka pengangguran, dikarenakan berbagai lapangan pekerjaan disektor industri berlomba-lomba memberhentikan pegawainya.

Selain itu, perusahaan yang berskala besarpun harus menghadapi ancaman kebangkrutan, karena kalah bersaing dari perusahaan yang baru tumbuh tetapi mampu beradaptasi dengan konsep Revolusi 4.0.

"Hal ini tentunya ikut pula mempengaruhi   pembangunan ekonomi dari level nasional hingga pemerintahan ditingkat kabupaten," kata Said Fadhlain, S. IP., MA, salah satu pemateri seminar.

Seminar ini merupakan karya lompatan besar dalam mengantisipasi sekaligus menghadapi era Revolusi 4.0  dan dampaknya dikemudian hari. Mengingat potensi sosial budaya dan ekonomi yang dimiliki Kabupaten Aceh Jaya, terhampar luas dari gugusan Gunung Geuruete hingga aliran sungai teunom.

Sebagai kabupaten ternuda di kawasan pantai Barat Selatan Aceh (BARSELA), memulai pembangunan ditahun 2002, namun kembali ketitik awal pasca musibah gempa tsunami 2004.

Saatnya, seluruh potensi sumber daya alam yang dimiliki untuk diselaraskan dengan keberadaan potensi sumber daya manusia di Aceh Jaya. Revolusi Industri 4.0, tentunya mau tidak mau, siap tidak siap,  haruslah dihadapi dengan sikap optimistik.

Momentum seminar ini haruslah menjadi konklusion kedepan, khususnya potensi IPELMAJA sebagai tri agen dalam dinamika pembangunan, yaitu agen sosial, agen moral dan agen perubahan berkemajuan.

Sebagai generasi milenial yang memiliki karakteristik spirit, kritis, kreatif, inovatif, kemadirian dan keberpihakan, IPELMAJA selain bonus demograsi bagi masyarakat Aceh Jaya, juga garda terdepan dalam membawa Aceh Jaya gemilang di era Revolusi 4.0.

Sebagai langkah awal, saatnya IPELMAJA melakukan kolaborasi dan bermitra, seraya membumikan program yang bersifat skill competitif (khusunya soft skill), dengan melibatkan stake holder pemerintahan dan swasta.

Semangat ini juga dapat dipahami para  stake holder baik pemerintah maupun swasta. Tidak ada lagi kompetisi bahkan kecurigaan dikalangan generasi muda maupun antar generasi, tidak ada lagi program yang bersifat mercu suar tanpa pijakan membumi.

Orientasi yang dijalankan senantiasa dalam penguatan skill individu yang mampu beradaptasi dengan teknologi informasi dilandasi potensi lokal menuju global. Terakhir, pemateri mengajak yel - yel untuk IPELMAJA, "udep aneuk muda, IPELMAJA pasti jaya", oleh Said Fadhlain selaku dosen Ilmu Komunikasi FISIPOL-UTU Meulaboh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00