• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

5.965 Anak Aceh Barat Telah Miliki KIA

14 October
21:37 2019
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh menyatakan bahwa 5.965 anak di daerah ini telah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) yang dikeluarkan oleh pihaknya hingga Oktober 2019.

"Dari angka tersebut penerbitan KIA terbanyak didominasi anak Kecamatan Johan Pahlawan karena penduduknya banyak wilayah perkotaan," kata Kepa Disdukcapil Aceh Barat, Muhammad Yusuf, kepada wartawan di ruang kerjanya Senin (14/10/2019).

Kepemilikan kartu tersebut diperhitungkan dengan umur di bawah 17 tahun yang tersebar di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat, jumlah ini hampir mencapai porsentase maksimal dari capaian target diterbitkannya KIA nasional.

Yusuf berkata, jumlah tersebut meningkat pesat jika dibandingkan dengan beberapa bulan lalu, pasalnya hingga Juli 2019 teralisasi hanya sekitar 1538 KIA, sehingga kartu identitas khusus anak untuk bulan ini bertambah dua kali lipat.

Ia menjelaskan, bahwa KIA tersebut berguna sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP- el) berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2016 isinya mewajibkan seluruh anak-anak di Indonesia memiliki KTP dalam bentuk KIA.

"Kartu KIA ini juga bisa dipergunakan untuk pelayanan BPJS Kesehatan, membuka buku rekening bank serta bisa menjadi kelengkapan pengurusan paspor bagi anak yang masih belum wajib memilik KTP-el," jelasnya lagi.

Disdukcapil sudah melakukan sosialialisasi KIA kepada Petugas Registrasi Gampong (PRG), yang berperan hanya untuk menjelaskan segala persyaratan mengenai pembuatan KIA, sementara pembuatannya tetap harus melalui Disdukcapil.

Upaya tersebut dilakukan pihaknya agar mendorong pertambahan kepemilikan KIA di Kabupaten Aceh Barat, dengan harapan setiap anak sudah memilikinya sebagai kebutuhan mereka nantinya.

"Syaratnya pembuatan KIA, hanya perlu membawakan KK dan akta klelahiran. Jika umur si anak 0-5 tahun, maka akan tidak dicantumkan foto, kecuali anak berumur 5-17 tahun. Untuk blanko, kita masih ada 1.3000 keping blanko untuk tahun ini," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00