• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

The Jokowi Center Minta Pemda Serius Tangani Karhutla

18 September
12:07 2019
2 Votes (1.5)

KBRN Meulaboh: Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus, meminta semua pihak di daerah lebih peduli melakukan upaya pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terus terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

"Jika perangkat pemda setempat peduli ketika titik api masih sedikit, maka kebakaran hutan dan lahan bisa dicegah," katanya dalam pesan tertulis dikirimkan kepada RRI di Meulaboh, Rabu (18/9/2019).

The Jokowi Center mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang turun langsung ke karhutla di Riau pada Selasa (17/9/2019), hal serupa juga dilakukan ketika karhutla di Kalimantan Tengah pada 24 September 2015.

Semestinya, kata Neta Firdaus, karhutla di berbagai wilayah Indonesia tidak harus turun orang nomor 1 di Indonesia ke lokasi kebakaran, jika pemda setempat sejak awal peduli dan serius menangani karthutla.

Sebab, melakukan pencegahan kebakaran agar tidak meluas itu lebih utama dari pada berjibaku memadamkan kebakaran yang menyebabkan kesehatan warga terganggu dan menyedot biaya yang mencapai miliaran rupiah.

"Untuk itu, perangkat negara dari camat, bupati, dan gubernur harus pro aktif memadamkan api ketika kebakaran masih lingkup kecil," ajak pria berasal dari Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat ini.

Teuku Neta menyatakan, sebelumnya pada Agustus 2019 Jokowi sudah mengancam mencopot kapolda dan pangdam yang tidak becus atasi karhutla, maka hal serupa juga harus diberi peringatan kepada kepala daerah.

"Memadamkan karhutla bukan hanya urusan pusat namun juga kepala daerah yang lebih paham wilayahnya," tegasnya.

Diakuinya, karhutla adalah ancaman permanen dengan solusinya juga harus permanen, jika dilakukan setengah hati, maka tahun - tahun selanjutnya pasti akan terulang kembali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00