• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Setelah Diselamatkan, BKSDA Meulaboh Ambil Orangutan Dari Warga

20 August
10:06 2019
2 Votes (1.5)

KBRN Meulaboh: Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Meulaboh, mengambil seekor bayi orangutan (Pongo abelii) yang dipelihara oleh warga di Desa Teladan Jaya, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya.

"Kita mendapat laporan, ada masyarakat menemukan seekor bayi orangutan. Kemudian kami bersama YEL datang melihat dan menjemput Pongo abelii ini," kata petugas BKSDA Resor Meulaboh, Satirin, kepada wartawan, Selasa (20/8/2019).

Penjemputan bayi orangutan tersebut dilakukan BKSDA Resor Meulaboh bersama dengan petugas dari Yayasan Ekosistem Leuser (YEL) pada Senin 19 Agustus 2019 sore, setelah diperiksa dan dibawa untuk kemudian dikarantikan sementara.

"Sebelum dilepas liar ke habitatnya, akan dikarantina sementara. Kalau kesehatan bayi orangutan ini sudah membaik maka dilepas liarkan. Karantina mungkin ke Medan Sumatera Utara," sebutnya lagi.

Bayi orangutan berumur 6 bulan dengan jenis kelamin jantan tersebut telah memiliki nama yakni "Bro", sebelumnya ditemukan oleh seorang warga dalam kondisi terkena jeratan hama berdua dengan induknya.

Dari keterangan warga, bayi orangutan ini diselamatkan warga sementara induknya dilepaskan begitu saja, kemudian warga tersebut mengambil dan membawa pulang dan dipelihara untuk beberapa saat sebelum dilaporkan ke BKSDA.

"Sekitar sebulan lalu, dikebun tempat tanam kacang, induknya terkena jerat babi, bayinya sudah lemas, saya ambil dan induknya saya lepas," kata Efardi, warga yang menyelamatkan bayi orangutan tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00