• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPBD Sebut Karhutla di Aceh Barat Hanya 70 Hektar

18 July
18:55 2019
2 Votes (1.5)

KBRN Aceh Barat: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, mengklaim bahwa lahan gambut yang terbakar hanya berkisar 70 hektar dan 90 persen sudah berhasil dipadamkan.

"Sejak tanggal 3 Juli sampai hari ini total luas lahan yang terbakar di 7 kecamatan Aceh Barat adalah 70 hektar, sudah tidak ada lagi titik api," kata Kepala pelaksana BPBD Aceh Barat, Muktaruddin, dalam konferensi pers di Kantor BPBD, Kamis (18/7/2019).

Setiap terjadi bencana karhutla pihaknya selalu turun melakukan upaya pemadaman sehingga tidak meluas, walau pun tidak tersedia sumber air tetapi pasukan di lapangan tetap berusaha mendapatkannya dari parit dan air lumpur.

Konferensi pers tersebut digelar, memverifikasi luasan lahan gambut yang terbakar di Aceh Barat, karena data dilansir Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Karhutla di Aceh Barat sejak 1 - 18 Juli 2019 kurang lebih 219,4 hektar.

Sementara itu, Kapolres Aceh Barat AKBP H Raden Bobby Aria Prakasa, memastikan, bahwa bencana karhutla melanda wilayah hukumnya, murni karena kondisi faktor cuaca panas, tidak ada unsur kesengajaan dari masyarakat daerah itu.

"Ini yang terbakar lahan gambut mudah terbakar, tidak ada yang mengindikasikan warga yang membakar. Beberapa pemilik lahan mengaku rugi, kebun sawitnya terbakar. Jadi tidak mungkian dia membakar lahan sendiri," tegasnya.

Ia berkata, Polsek dan Koramil, terus aktif memberikan sosialisasi Undang - Undang, serta sanksi berat bagi warga yang membakar hutan dan lahan, upaya itu sudah terus menerus dilakukan sehingga tercegah kebakaran lahan karena ulah manusia.

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim 0105/ Aceh Barat, Letkok Kav Nurul Diyanto, dia membenarkan keakuratan data yang disampaikan oleh BPBD Aceh Barat tersebut, sesuai dengan hasil pendataan anggotanya di lapangan.

"TNI, Polri, BPBD selalu bersama - sama melakukan pemadaman api di lahan gambut. Data kami miliki sama dengan yang disampaikan BPBD. Sosialisasi untuk pencegahan selalu kami lakukan bersama - sama," tegasnya juga.

Dalam beberapa hari ini, Karhut di Aceh Barat masih terjadi, dampaknya telah dirasakan masyarakat yakni munculnya kabut asap saat malam hingga pagi hari, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Barat sudah turun membagikan masker.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00