• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cegah Ispa, Dinkes Aceh Barat Bagikan Masker Kepada Warga

18 July
13:08 2019
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh serta petugas PSC 119 membangi - bagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan, Kamis (18/7/2019) pagi.

Masker dibagikan untuk mencegah warga terdampak Inspeksi Saluran Pernafasan (Ispa) akibat menghirup kabut asap yang masih menyebar selama dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama dua pekan ini.

Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Barat, Nasufiani, S. Kep, kepada RRI disela kegiatan, menyampaikan, kegiatan demikian hanya bersifat untuk mencegah warga terjangkit ispa akibat menghirup asap dari kebakaran lahan gambut.

"Ini untuk mencegah Ispa, meski pun sampai saat ini kita belum menerima laporan atau data dari Puskesmas, namun asap dari kebakaran lahan masih banyak dan berisiko bagi kesehatan warga," katanya.

Adapun titik lokasi pembagian masker, seperti di Simpang Kisaran Kota Meulaboh, Jalan Lintas Meulaboh - Banda Aceh, Jalan Meulaboh - Geumpang, kemudian di SDN 8 Suak Raya dan SD Percontohan.

Karhutla yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat hingga kini masih berlanjut dan mulai berdampak pada munculnya kabut asap saat malam hingga pagi hari.

Beberapa saat setelah kegiatan bagi masker berlangsung, hujan gerimis mulai mengguyur wilayah Kota Meulaboh, namun belum menghilangkan kabut asap secara total di beberapa kawasan permukiman.

Data dihimpun di lapangan, karhutla masih terjadi di beberapa titik lokasi, seperti di wilayah hutan Desa Peunia, Kecamatan Kaway XVI, Kecamatan Bubon, Johan Pahlawan dan Meureubo, serta Arongan Lambalek, dengan luas lebih 150 hektar.

Baca juga: Dampak Karhutla, Kabut Asap Selimuti Sebagian Aceh Barat

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00