• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkab Aceh Barat Dan BPJS Tenaga kerja Gelar Rapat Koordinasi Terkait Aparatur Desa

17 July
12:49 2019
1 Votes (5)

KBRN, Meulaboh : Bupati Aceh Barat H. Ramli MS menyampaikan sambutannya kepada peserta rapat dalam acara Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kepesertaan Aparatur Desa Kabupaten Aceh Barat dalam Program BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2019 di Aula Setdakab Aceh Barat pada Selasa. (16/07/2019).

Rapat yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut dihadiri oleh Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Barat yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Para Asisten Bupati, Inspektorat, Kepala Dinas DPMGP4, Kepala Dinas DPKKD, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh, Kabag Tata Pemerintahan, Kabag Hukum, Para Camat, Para Kasi Pemerintahan Desa, Ketua Forum Keuchik Kecamatan, DPMGP4, dan Para Pendamping Desa Se- Kabupaten Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Ramli menyambut baik akan hadirnya program BPJS Ketenagakerjaan di tengah-tengah perangkat desa yang selama ini sudah berjalan. Ia berharap kedepannya program ini juga dapat melindungi seluruh masyarakat Aceh Barat khususnya.

“Dengan adanya program perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya seluruh perangkat desa bisa merasa tenang dalam melakukan tugasnya karena resiko kecelakaan kerja berupa biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan sepenuhnya sudah di tanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ramli.

Selain itu, Ramli juga menghimbau bahwa bagi perangkat desa jangan ragu untuk ikut menyelenggarakan program tersebut karena Anggaran Dana Desa bisa dialokasikan  salah satunya untuk pembayaran iuran perlindungan bagi perangkat desa.

“Saya rasa ini ga ada masalah, karena dasarnya jelas yakni Permendagri No.20 Tahun 2018 Pasal 20 tentang Pengelolaan Keuangan Desa,” Tambah Ramli.

Ramli juga menyampaikan bagi Desa yang belum terdaftar dalam Program BPJS Ketenagakerjaan sesegera mungkin mendaftarkan para perangkat desanya dalam waktu dekat.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh, Husaini dalam sambutannya melaporkan Jumlah Desa Di Kabupaten Aceh Barat yang sudah terdaftar yakni 293 desa dengan jumlah aparatur yang tertanggung sebesar 5519 orang, Adapun desa yang belum terdaftar sejumlah 38 desa.

Sementara itu untuk santunan kematian kepada ahli waris aparatur desa di Aceh Barat yang sudah dibayarkan BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2019 sebesar Rp 792.000.000,- dan total santunan kematian yang sudah dibayarkan khusus aparatur desa di Aceh Barat dari awal terdaftar di tahun 2017 hingga tahun 2019 bulan berjalan sebesar Rp 2.280.000.000,-.(RL/ DF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00