• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gelombang Pasang Kembali Menghantam Aceh Barat, Jalan dan Rumah Tertimbun

16 July
18:10 2019
3 Votes (1.7)

KBRN Meulaboh: Fenomena gelombang pasang kembali melanda wilayah pesisir Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, akibat peralihan musim barat ke musim timur, Selasa (16/7/2019) siang.

Selain terjadi genangan banjir air laut (rob), hempasan gelombang pasang ini juga menimbun ruas badan jalan disepanjang lintasan desa, bahkan menimbun beberapa permukiman rumah penduduk.

"Kejadiannya sejak pagi tadi, ini adalah puncak gelombang pasang karena sudah pernah terjadi awalnya pada bulan Mei 2019. Malam ini kami waspada karena bisa lebih besar," kata salah seorang warga Muhammad Hatta, kepada RRI.

Ada pun beberapa lokasi yang diterpa gelombang pasang seperti Desa Suak Ribee, Desa Pasie Ujong Kalak, Desa Pasir dan Desa Suak Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Di sepanjang jalan Desa Pasie Ujong Kalak, anak - anak justru mandi dalam genangan air laut di atas badan jalan aspal hotmik yang merupakan jalan lintas antar desa.
"Di sini sudah ada rumah yang masuk air laut, tertimbun pasir dalam rumah. Belum ada yang mengungsi. Malam ini kami mungkin keluar karena takut juga melihat kondisi gelombang semakin besar," kata Riswan (35) penduduk Desa Pasie Ujong Kalak.

Pihak Kepolisian, Basarnas, TNI, BPBD dan aparat desa setempat terlihat, sudah bersiaga memantau perkembangan kondisi abrasi pantai dan gelombang pasang yang semakin mengganas menerpa kawasan pesisir Aceh Barat itu.

Baca juga: Gelombang Pasang Kembali Mengganas, Jalan Aceh Barat Tertimbun Pasir

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00