• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kawanan Gajah Mulai Menakuti Warga Pedalaman Nagan Raya

15 July
19:20 2019
1 Votes (1)

KBRN Nagan Raya: Kawanan gajah sumatera (Elephas Maksimus Sumatranus) mulai menakuti warga yang berdomisili di wilayah Desa Blang Lango, Kecamatan Seunagan Tmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

"Selain merusak perkebunan pada 13 Juli 2019, gajah ini masih menampakkan diri di kawasan itu," kata Komandan Kodim 0116/ Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yuliana, melalui Babinsa Koramil Seunagan Timur, Serka Amilin, kepada RRI, Senin (15/7/2019).

Satwa berbelalai panjang tersebut selama ini kerap turun ke permukiman dan merusak apa pun yang menghadang disepanjang jalur lintasanya, malahan warga setempat sering bertemu pas - pasan, hingga terkaget - kaget.

"Seringnya kawanan gajah liar masuk ke permukiman warga, membuat masyarakat takut, gelisah dan ada salah satu masyarakat yang terlihat menangis ketika melihat pohon sawitnya dirusak gajah," tambah Serka Amilin.

Kawanan gajah liar mulai masuk kepemukiman warga rumah trans 50 di Desa Blang Lango Kecamatan Seunagan Timur, kebetulan diketahui oleh sumber pertama yakni Arifin, yang kebetulan rumahnya tidak jauh dengan gajah tersebut berada. 

"Dengan sedikit rasa takut saya tetap beranikan diri mengusir satu ekor gajah dengan api. Satu ekor gajah liar yang jelas terlihat merusak tanaman milik warga kemudian lari dan bergerak menuju arah trans 40," jelas Arifin.

Kemungkinan besar kata dia, gajah itu sudah sembunyi ke hutan desa, keberadaan gajah liar itu sudah menakuti warga, pasalnya satwa dilindungi Undang- Undang tersebut, masuk keperkampungan pada malam dan dini hari.

Ada pun beberapa dampak dari amukan satwa gajah di kawasan setempat berupa, 30 batang pohon sawit tumbang dan porak - poranda, 12 batang pisang juga rusak, wara tidak bisa berbuat banyak ketika melihat satwa itu merusak tanaman mereka.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00