• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kanwil Kemenkumham Lockdown Lapas dan Rutan di Sumut

20 March
19:41 2020

Kanwil Kemenkumham Sumatra Utara memberlakukan lockdown bagi pengunjung wargabinaan baik itu ke lapas dan rutan se Sumatra Utara. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran wabah Corona Covid-19. Hal itu disampaikan Humas Kanwil Kemenkumham Sumut, Josua Ginting kepada wartawan Jumat (20/03).  
Menurut   Josua   ,  Pemberlakuan lockdown  lapas dan  rutan   bagi  pengunjung ini secara efektif berlaku Rabu Tanggal 18 Maret hingga 31 Maret 2020.  "Kebijakan diambil, sejak  kemaren ,  setelah pihak Direktorat Bina Masyarakat memutuskan untuk secara masif melakukan pencegahan penyebaran covid-19,"ujarnya.


Josua menjelaskan , langkah ini  merupakan upaya  untuk  mengantisipasi virus corona menyebar di lapas maupun rutan di Sumatra Utara."  kebijakan ini  tidak hanya  berlaku di  Wilayah Sumut saja  , akan tetapi diseluruh Indonesia." ujar Josua


Lebih lanjut Lanjut Josua Ginting  menyebutkan , meski ada larangan kunjungan bagi keluarga tahanan  dan warga binaan , namun untuk titipan tahanan dari pihak penyidik kepolisian atau kejaksaan tetap diterima dengan terlebih dahulu cek suhu badan  menggunakan Thermal Scanner. " Jangankan untuk titipan tahanan,  kita juga melakukan pemeriksaan kepada seluruh pegawai,"ujar Josua sembari mengatakan baru-baru ini para penghuni lapas telah disemprot disinfektan beserta ruangan sel tahanan.


Josua juga mengatakan untuk pemberlakuan  Lockdown  mulai   ditetapkan   tanggal 18 sampai dengan 31 maret  2020 , dan  tergantung daerah,  jika  masih rawan maka otomatis diperpanjang untuk 14 hari berikutnya.  Josua juga menuturkan sejauh ini, untuk wargabinaan yang menghuni lapas dan rutan di Sumatra Utara belum ditemukan adanya terindikasi terjangkit Virus Corona  atau Covid 19 .(Rahmi Siregar )

00:00:00 / 00:00:00