• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

ACT Sumut Semprot Cairan Disinfektan Masjid Raya Al Mashun

20 March
13:42 2020

KBRN, Medan: Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara melaksanakan penyemprotan cairan Disinfektan di sekitar Masjid Raya Al Mashun Kota Medan, Jumat (20/3) pagi. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID) -19.

Sejumlah petugas ACT mulai melakukan penyemprotan dari pagar bagian depan masjid. Penyemprotan kemudian dilakukan di pintu masuk dan bagian dalam masjid. Ada tiga petugas yang melakukan penyemprotan. Ketiga petugas itu menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Humas Masyarakat Relawan Indonesia ACT Sumut, Ilham Muhammad, penyemprotan disinfektan dilakukan di dua masjid yakni Masjid raya Al mashun dan dilanjutkan masjid Al Jihad. Pemilihan masjid raya Al Mashun karena memang menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara, baik eropa dan Asia.

"Untuk menanggulangi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara, kita melakukan penyemprotan di tempat umum. Termasuk Masjid Raya yang menjadi pusat kunjungan wisatawan manacanegara yang tertinggi di Sumut termasuk destinasi andalan pariwista di Medan yang banyak dikunjungi turis asing dari Eropa dan Asia," ujar Humas Masyarakat Relawan Indonesia ACT Sumut, Ilham Muhammad.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan ke masjid – masjid, ACT Sumut juga membagikan seratus kotak nasi ke RSUP H Adam Malik Medan. Nasi diberikan kepada para dokter dan keluarga pasien yang masuk dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Hari ini kita juga ada bagi tim untuk bagi makanan gratis ke Rumah Sakit Adam Malik Medan. itu ditujukan kepada para dokter medis dan kelaurga pasien,” ucap Ilham.

Sementara MUI Medan sendiri menganjurkan umat Islam tetap melaksanakan salat Jumat di masjid. Alasannya, kota Medan belum darurat Corona.

"Ya kita menganjurkan tetap melaksanakan salat Jumat dan meramaikan masjid. Masih wajib, karena kita belum sampai tahap darurat," ujar Ketua MUI Kota Medan, Muhammad Hatta. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

00:00:00 / 00:00:00