• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Satu Warga Sumut Meninggal Positif Corona, PDP Bertambah

18 March
17:55 2020

KBRN, Medan : Satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, Selasa (17/3/2020) malam dinyatakan positif Covid-19. Sementara jumlah PDP yang dirawat di ruang isolasi RSUP Adam Malik terus bertambah menjadi 10 orang.

Berdasarkan data yang dipublish RSUP H Adam Malik melalui akun resmi media sosial instagram rumah sakit, hingga Rabu (18/3/2020) pukul 13.00 WIB, jumlah PDP di rumah sakit tipe A tersebut bertambah menjadi 10 orang. Sementara untuk PDP yang sudah pulang karena negative sebanyak 3 orang. 

Koordinator Penanganan Covid-19, dr Ade Rahmaini sebelumnya mengatakan, ada 8 PDP dirawat dan satu diantaranya meninggal dunia. PDP masuk ke RSUP H Adam Malik sejak 14 Maret dan jumlahnya terus bertambah. Begitu pun untuk orang yang memeriksakan diri ke rumah sakit tersebut dan berstatus orang dalam pemantauan (ODP) jumlahnya terus bertambah. Hingga Selasa (17/3/2020), RSUP H Adam Malik melayani 22 ODP.  

Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, ODP tidak dirawat di rumah sakit tetapi disarankan mengisolasi diri di rumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, PDP yang meninggal di RSUP H Adam Malik menghembuskan napas sekitar pukul 20.45 WIB dan jenazahnya telah dibawa pulang oleh pihak keluarga. 

Menurut Alwi, PDP meninggal tersebut sebelumnya melakukan perjalanan ke Yerusalem dan sempat singgah ke Italia. Pihaknya akan menelusuri teman-teman dan riwayat pasien yang disebut-sebut berprofesi sebagai seorang dokter itu.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, ditemukan satu kasus positif Covid-19 di Sumut.  

00:00:00 / 00:00:00