• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Diminta Beri Tanggapan untuk Anggota PPS Pilkada Medan 2020

18 March
16:03 2020

KBRN, Medan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberi tanggapan terhadap anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih untuk Pilkada Medan 2020.

Komisioner KPU Medan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Edy Suhartono mengatakan, setelah mengumumkan calon PPS terpilih pada 15 Maret lalu, pihaknya saat ini menunggu tanggapan masyarakat sebelum melakukan pelantikan. Tanggapan masyarakat itu ditunggu hingga 19 Maret mendatang.   

“Kita sedang menunggu tanggapan masyarakat, setelah kita umumkan tanggal 15 (Maret) kemarin. Tanggal 18-19 ini kita tunggu tanggapan masyarakat,” kata Edy di Medan, Rabu (18/3/2020).

Edy menuturkan, tanggapan masyarakat tersebut dapat disampaikan dalam formulir yang telah dilampirkan di pengumuman PPS. Masyarakat yang member tanggapan juga harus mengisi identitas lengkap sesuai KTP. 

Dikatakan Edy, berdasarkan tanggapan masyarakat tersebut, pihaknya akan memanggil calon PPS bersangkutan untuk dimintai klarifikasi. 

“Misalnya apakah ada terlibat partai, terindikasi pernah jadi timses, dan sebagainya. Kalau selama proses klarifikasi yang bersangkutan bisa memberikan penjelasan, kita akan rekam dan catat semua baru kita plenokan terhadap status yang bersangkutan apakah akan jadi PPS atau tidak,” jelasnya. 

Edy meminta masyarakat agar benar-benar memanfaatkan waktu hingga 19 Februari untuk memberi tanggapan tentang calon PPS, agar diperoleh anggota PPS berintegritas sehingga melahirkan Pilkada berkualitas. 

Setelah proses tanggapan masyarakat tersebut, KPU Medan akan mengumumkan hasil klarifikasi pada 20-21 Maret sebelum melakukan pelantikan pada 22 Maret mendatang.

“Kita akan lantik PPS yang sudah secara prosedural kita lalui semua, mulai dari seleksi tertulis, wawancara, tanggapan masyarakat 1 dan tanggapan masyarakat 2,” ujarnya. 

00:00:00 / 00:00:00