• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

PDP Corona yang Meninggal di RSUP Adam Malik Baru Pulang dari Luar Negeri

18 March
11:11 2020

KBRN, Medan : Salah seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, meninggal dunia, Selasa (17/3/2020) malam. 

Koordinator Penanganan Covid-19 RSUP H Adam Malik, dr Ade Rahmaini membenarkan satu pasien yang mereka isolasi meninggal dunia. Kondisi kesehatan pasien tersebut menurut Ade sakit sedang. Pasien yang diisolasi sejak beberapa hari lalu itu, memiliki riwayat perjalanan ke Yerusalem, Israel.    

“Iya (meninggal). Datang kondisinya sedang, dari perjalanan ke Yerusalem,” kata Ade kepada RRI di Medan, Rabu (18/3/2020).

Ade menuturkan, pasien asal Medan tersebut sudah beberapa hari dirawat di rumah sakit milik kementerian kesehatan tersebut. Namun Ade enggan memberikan keterangan lebih jauh. 

Informasi yang diperoleh menyebutkan, jenazah pasien itu akan diserahkan kepada pihak keluarga dan diminta untuk langsung dikubur tanpa disemayamkan. Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dikatakan Ade, hingga saat ini ada 8 PDP dirawat di ruang isolasi RSUP H Adam Malik dengan kondisi ringan hingga sedang. Pihak rumah sakit masih menunggu hasil swab pasien yang dikirim ke Balitbangkes di Jakarta. 

Sebelumnya, hasil swab untuk dua PDP di RSUP H Adam Malik dinyatakan negatif dan pasien telah dipulangkan. 

“Kita Belum dapat hasil lab untuk yang 8 ini. Ada beberapa sudah dapat itu negative dan sudah dikeluarkan dari ruang isolasi,” ujarnya.

Sementara itu pihak RSUP H Adam Malik meniadakan konferensi pers terkait meninggalnya satu PDP terduga corona.

“Maaf, tidak ada keterangan pers ya. Silahkan menunggu informasi resmi dari jubir pemerintah,” ujar Kasubbab Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak melalui pesan whatsapp.

Kabar meninggalnya satu PDP terduga corona juga dibenarkan Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah.  

“Iya, ada satu PDP meninggal dunia di Adam Malik tadi malam,” ujar Aris. 

Menurut Aris, pasien tersebut masuk dengan gejala terindikasi Covid-19 hingga dilakukan isolasi. Namun hasil swab pasien hingga kini belum diterima.

“Masuk ke (RSUP) Adam Malik dengan protokol yang benar, sudah dilakukan pemeriksaan dari awal dan disiolasi. Hasil pemeriksaan lab belum kita terima,” pungkasnya. 

00:00:00 / 00:00:00