• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

NPC Sumut Tes Prestasi Atlet Menuju Peparnas 2020

24 February
18:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Pengurus National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara melaksanakan tes prestasi atlet, yang berlangsung sejak 20 hingga 25 Februari 2020. Tes Prestasi atlet diikuti oleh hampir seluruh perwakilan NPC Kabupaten/kota yang telah terbentuk di Sumatera Utara, seperti Medan, Deliserdang, Binjai, Langkat, Sergai, Tebingtinggi, Tanjungbalai, dan daerah lainnya. Tes prestasi diikuti oleh ratusan lebih atlet yang tergabung di enam cabang olahraga yakni atletik, bulutangkis, angkat berat, tenis meja, catur, dan renang. 

Wakil ketua NPC Sumut Bidang Bina dan Prestasi Mazrinal Nasution menjelaskan, tes prestasi atlet dilakukan untuk salah satunya mempersiapkan atlet terbaik Sumut untuk berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2020 di Papua. Meski bukan merupakan seleksi akhir menuju Peparnas, namun melalui tes ini untuk memacu semangat pengurus NPC di Kabupaten/ Kota membina atletnya mengikuti seleksi persiapan Peparnas yang bakal dilaksanakan tahun ini.

“Kita berharap dengan adanya ini setiap NPC kabupaten/ kota bisa persiapkan atlet terbaiknya, agar program pembinaan di daerah dapat berjalan baik. Kalo Selekda Peparnas memang belum, tapi ini hanya tes prestasi. ke depan, tes prestasi cakupannya diperbesar dengan semua klasifikasi dibuka tidak hanya untuk Peparnas saja,” ucap Mazrinal usai meninjau tes prestasi cabor catur di Medan, Senin (24/2) siang. 

Dikatakan Mazrinal, saat ini 24 atlet PPI Sumut yang dipersiapkan menuju Peparnas 2020 sedang berada di Pelatnas untuk berlaga membela kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2020 Filipina. Mazrinal mengatakan, hasil dari tes prestasi ini yang dinyatakan lolos akan  masuk sebagai atlet PPI. Begitupun, NPC Sumut tetap memberlakukan sistem promosi dan degradasi jika ada atlet yang performanya dinilai menurun. NPC Sumut akan memberlakukan tes prestasi setiap empat bulan sekali.

“Latihan atlet PPI ini sudah berjalan sejak Januari. Atlet yang ada itu sekarang ada 24 orang. Makanya, atlet ini kita persiapkan sebagai cikal bakal menuju Peparnas 2020 Papua. Ke depan kita buat program khusus tes prestasi ini dibuat 4 bulan sekali. PPI ini berjalan sampai bulan Agustus. Sedangkan pelatda penuh sampai bulan November sebelum Peparnas dimulai,” jelas Mazrinal.

Sementara pada tes prestasi yang dilakukan untuk cabor catur, ada enam atlet kategori tuna daksa putra yang bersaing memperebutkan dua tempat. Koordinator seleksi erhan Tarmizi mengatakan, seleksi kali ini benar – benar dilakukan secara selektif dengan tahapan – tahapan yang baik dan benar. Mereka adalah atlet yang sebelumnya dikirim oleh masing – masing cabor melalui seleksi yang ketat.

“Orang – orang yang terpilih di tes ini adalah yang terbaik. Empat orang merupakan hasil Peparprov dan dua atlet hasil pantauan. Maknya, untuk seleksi ini kita tidak berlakukan satu putaran, karena kita mungkin melihat faktor lain,” ucap Erhan.

Pada ajang ASEAN Para Games 2020 di Manila Pilipina Sumut targetkan 20 emas bisa direbut atlet asal Sumut yang membela kontingen Indonesia. Sementara pada Peparnas 2020 di Papua, Sumut target 40 medali emas. (Joko Saputra) 

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00