• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Wisudawan Doktor USU Meninggal Mendadak , 15 Menit Sebelum Dilantik Rektor di Auditorium USU

24 February
17:52 2020
1 Votes (5)

KBRN,  Medan : Acara wisuda yang sedianya  penuh  keceriaan , berubah haru.  Tiba tiba  tanpa diduga ,  satu diantara wisudawan program doktor atas nama M Gade meninggal dunia mendadak pingsan hingga akhirnya meninggal sesaat sebelum prosesi wisuda yang dipimpin Rektor USU Prof Runtung Sitepu dimulai di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Senin (24/2) pagi. Kematian laki-laki kelahiran 31 Desember 1959 secara mendadak mengagetkan para wisudawan maupun para keluarga wisudawan yang hadir.


Kepala Kantor Humas Promosi dan Protokoler USU Elvi Sumanti memastikan kabar duka tersebut. "Nama wisudawan yang meninggal Dr. M. Gade MSi, berusia 61 tahun warga Jalan Padi Raya, Pasar V, Tembung, Deliserdang. " kata  Elvi    



Menurut Elvi , Wisudawan tersebut mengambil program studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Wisudawan  sebelumnya   mahasiswa program doktor MIPA USU kelahiran 31 Desember 1959.

"15 menit sebelum wisuda dimulai, beliau mendadak pingsan di tempat duduknya, sehingga wisudawan lain terkejut. Lalu dihubungi pihak rumah sakit dan beliau diistirahatkan di ruangan lobi auditorium. Setelah ambulans tiba, beliau dibawa ke UGD USU," ujar Elvi.

Elvi  menjelaskan, sampai di UGD, sudah D. O. A dan pupil. Sudah ditangani  secara maksimal. Sebelumnya di biro sudah dilaksanakan RJP oleh staf IGD dr Fairuz dan PPDS anastesi dan dinyatakan meninggal 07.56 WIB di RS USU.

Berdasarkan keterangan istrinya yang mendampingi, almarhum punya riwayat jantung dan dua bulan lalu mengalami stroke.


Sebelum membacakan pidato sambutannya, Rektor USU meminta para wisudawan dan undangan untuk berdiri, mengheningkan cipta atas peristiwa tersebut. "Rektor juga memberi ucapan belasungkawa kepada keluarga yang hadir, khusus kepada istri almarhum," kata Elvi.

Almarhun M Gade juga merupakan lulusan S1 Universitas Syiah Kuala dan mengambil S2 di USU. Dan program doktor Ilmu Kimia Fakultas MIPA USU. Ia lulus disertasi pada 29 Januari 2020. ( Rahmi Siregar ) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00