• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU 2019

Elektabilitas dan Kapabilitas Acuan NasDem Usung Calon Kepala Daerah

20 February
17:13 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Menjelang pengumuman calon kepala daerah yang bakal diusung oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) pada Pilkada Serentak 2020 September mendatang, saat ini masih dalam proses penelitian melalui sistem survey internal partai.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat meresmikan gedung DPW NasDem Sumut di Jalan HM Yamin, Medan Kamis (20/2) siang. Menurut Paloh, penelitian dilakukan dengan melihat dua aspek penting yakni faktor elektabilitas (ketertarikan publik) dan kapabilitas (kemampuan). Menurut Paloh, ekdua aspek itu harus melekat pada calon kepada daerah yang akan diusung oleh partai NasDem.   

“Secepatnya lah saya pikir memang diperlukan penelitian, karena apa? karena hal yang selalu menjadi catatan penting partai ini dari memberikan pencalonan dan dukungan pencalonan ya dua aspek sekaligus. Secara pararel harus terpenuhi tingkat elektabilitas dan kapabilitasnya. Jadi, perhatian betul – betul,” ucap Paloh.

Diakui Paloh, hampir di seluruh daerah peminat calon kepala daerah yang ingin sekali diusung oleh partai NasDem sangat banyak. Paloh menegaskan, untuk melakukan seleksi calon kepala daerah yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan partai, dilakukan dengan mekanisme survey internal partai untuk selanjutkan diserahkan kepada DPP partai.

“Saya pikir mereka telah melaporkan kepada saya terkait kesiapan Pilkada serentak pada bulan September yang akan datang. Memang para peminat yang mendaftar diri pada Nasdem sebagai balon ke kepala daerah baik di tingkat kabupaten kota cukup banyak. Nanti diserahkan oleh tim yang ada, berdasarkan mekanisme internal partai untuk meneliti akhirnya mengambil keputusan setelah mereka rekomendasikan ke DPP nanti,” tegas Paloh.

Paloh berdalih, pertimbangan faktor Elektabilitas dan Kapabilitas yang selalu menjadi parameter partai untuk mengusung setiap calon kepala daerah, menjadi bukti bahwa partai NasDem masuk dalam peringkat peraih suara cukup baik dari kompetitor lainnya.

“Jadi itulah makanya referensi pada pilkada sebelumnya tiga kali diikuti NasDem berada pada ranking cukup di atas, mungkin ke dua aspek itu jadi parameter yang baik untuk di diteruskan,” katanya. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

00:00:00 / 00:00:00