• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kapal Pukat Apung Tenggelam di Perairan Tanjung Tiram, 3 ABK Hilang

25 January
20:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Tiga Anak Buah Kapal (ABK) diduga masih hilang dan belum ditemukan paska peristiwa tenggelamnya kapal Pukat Apung pencari ikan jenis KM Wingston, di Perairan Tanjung Tiram, Batubara pada Jumat (24/1) malam. Total ada 11 orang penumpang KM Wingston, terdiri dari 9 ABK, 1 Nahkoda, dan 1 Kepala Kamar Mesin (KKM). Musibah kapal pukat apung tenggelam disekitar perairan Tanjung tiram tersebut, merupakan milik nelayan bernama Randa. 

Kapten kapal KN SAR 02 Medan Dani kepada RRI membenarkan tenggelamnya Kapal Pukat Apung di Perairan Tanjung Tiram- Batubara pada Jumat malam. Penyelidikan sementara Kapal Wingston tenggelam sekitar pukul 23.00 wib. Penyebab kapal tenggelam karena kondisi lambung Kapal mengalami bocor, kemudian seketika air masuk ke dalam kapal sehingga mengakibatkan kapal tenggelam. 

“Iya betul (tenggelam). Tapi saya lagi bawa kapal, belum bisa kasih informasi dahulu. Kronologinya kapal mereka bocor, dan karam. Langsung karam kapalnya. Iya lambung kapal informasinya,” ucap Dani Sabtu (25/1/2020) malam.

Dari total 11 penumpang kapal, tiga ABK masih belum diketahui keberadaannya. Sementara 8 orang dalam kondisi selamat. “Iya, betul menurut informasi ada tiga yang belum ditemukan. Yang selamat nanti saya kabari lagi, karena lagi bawa kapal balik ke Tanjungbalai habis operasi,” ujar Dani. 

Adapun nama – nama penumpang KM Wingston yang selamat yakni Nasib Sitorus (nahkoda), Samsul Bahri (KKM), dan 6 ABK masing – masing Sinaga, Tison, Jon Siahaan, Erlan, Elci, dan Agus. Sedangkan tiga ABK yang masih hilang yakni Izal, Esron Sitohang, Fajar. Saat ini tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi menuju lokasi tenggelamnya Kapal Motor Wingston. Diduga Kapal nelayan berangkat sejak Kamis (23/1) dan dijadualkan akan kembali pada Rabu (29/1) mendatang. (Joko Saputra)

 

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00