• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pakar: Subsidi LPG 3 Kg Tidak Tepat Sasaran

23 January
14:25 2020
1 Votes (4)

KBRN, Medan: Subsidi LPG 3 Kg dinilai tidak tepat sasaran. Perlu mekanisme kebijakan untuk mempermudah penyaluran subsidi agar tepat sasaran untuk masyarakat yang benar-benar berhak. Pakar ekonomi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Gunawan Benyamin, Kamis, 23/1/2020 mengatakan Pemerintah cenderung lebih banyak mengalokasikan anggaran untuk pembangunan dengan mengurangi subsidi .“Kondisi seperti ini  yang mungkin dalam kacamata saya membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan mengurangi subsidi energi karena ini bebannya besar.” Ungkap Gunawan.

Menurut Gunawan, yang perlu diperhatikan adalah masyarakat yang pendapatannya tidak mengalami kenaikan . “Petani perlu kita perhatikan, pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan, serta masyarakat miskin yang gak punya penghasilan. Tetapi, tidak mudah untuk mendekati masyarakat yang benar-benar berhak sehingga penyaluran subsidi elpiji nantinya bagi masyarakat miskin itu tepat sasaran,” katanya

Lebih lanjut Gunawan mengatakan, seandainya subsidi elpiji semua dihapus kemudian pemerintah merumuskan kebijakan bantuan langsung tunai kepada masyarakat. Besar angka untuk bantuan ini juga harus diketahui berapa idealnya. Seandainya subsidi elpiji naik dari Rp20.000 – Rp32.000, bagi masyarakat miskin yang tidak mengalami kenaikan pendapatan wajib disubsidi minimal Rp12.000 per bulan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00