• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU 2019

Ikut Fit And Proper Test Ke DPD Golkar Sumut, Dato Syaiful Ajukan Misi Medan MANTAP

21 January
22:12 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar provinsi Sumatera Utara telah selesai melaksanakan kegiatan fit and proper test bagi bakal calon kepala daerah di 23 kabupaten/kota Se Sumut, yang dimulai 18-21 Januari 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula kantor DPD Golkar Sumut, Jalan Wahid Hasyim Medan. 

Dari ratusan peserta yang mengikuti fit and proper test, muncul tokoh yang berasal dari militer yakni Kolonel Syaiful SE MAP yang akrab disapa Dato Syaiful. Putra melayu yang saat bertugas di Dewan Ketahanan Nasional ini, ikut maju sebagai bakal calon walikota Medan periode 2020 - 2025.

Kepada wartawan Dato Syaiful optimis dirinya bisa diusung partai berlambang pohon beringin itu pada pilkada serentak nanti. Dato yakin dengan visi dan misi MANTAP (aman, tertata, dan peduli), menjadi pertimbangan dirinya serius menjadi orang nomor satu di Kota Medan.

"Dari pertama sekali, dari tim menanyakan saya tentang visi dan misi saya. Saya menginformasikan kepada tim bahwasanya misi saya adalah judulnya mantap (aman, tertata dan peduli). Saya sebagai anak Medan, bapak saya dari kedatukan petisah, ibu saya dari kejuruan sunggal sebagai putra indonesia melayu medan. Saya saat ini bertugas TNI saya akan mendarma baktikan untuk membangun kota medan yang akhir-akhir ini citra nya itu kurang baik, banyak persoalannya," ucap Dato Syaiful usai menjalani fit and proper test, Senin (20/1) sore. 

Dato Syaiful mengatakan, Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia dan ibukota provinsi Sumut memiliki potensi yang kaya, mulai dari hasil pertanian, ekonomi, hingga budaya asli melayu yang justru bisa mendatangkan income yang bagus bagi daerah jika dikelola dengan baik. 
sebagaimana dalam visi misi itu kenapa mantap, medan ini dulu punya potensi yang besar. Saya sampaikan kepada tim

Medan ini pertama sekali dari geografis nya dia itu adalah ibu kota provinsi sumut.

Dia berada pada posisi tetangga nya adalah kabupaten maupun wilayah yang kaya. Deli Serdang yang sawitnya banyak, tanah Karo yang potensi buah nya banyak, dekat sama Asahan dan sebagainya, kita juga bersebelahan dengan negara Malaysia dan Singapura," jelasnya.

"Kita dalam negeri sendiri dari pada segi sosial budayanya juga, Medan ini punya potensi besar untuk dikembangkan, salah satunya banyak sekali peninggalan sejarah yang akan menjadi potensi ekonomi. Apabila dikelola dengan baik itu akan mengurangi pengangguran dan pendapat asli daerah dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Contohnya disini salah satunya kekayaan budaya melayu, ada tarian-tarian. siapa yang tidak kenal, tapi selama ini dikenakan hanya begitu gitu aja, tidak menjadi suatu komunite yang besar, yang baik. Kalau saya jadi walikota saya buat itu menjadi komunite yang baik, yang akan menjadikan tingkat wisata dari sisi budaya," sambung Dato Syaiful.

Selain itu, Medan juga kaya dengan bangunan bersejarah yang berpotensi sebagai destinasi wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Selain menambah PAD pemko, ini juga salah satu upaya untuk membuka lapangan kerja sekaligus menjaga kelestarian budaya asli daerah.

"Kekuatan yang lain adalah kita punya bangunan bersejarah. Bangunan peninggalan Lonsum sekarang terlantar tidak dikelola dengan baik. Padahal berada pada posisi yang baik itu nanti kalau saya jadi walikota, ada kepedulian kita akan kita poles dan bangun tidak hanya menjadi bangunan yang diam. Tapi menjadi potensi yang baik yang bisa kita naikkan menjadi pendapatan daerah dan membuka lapangan kerja," janji Dato Syaiful.

Terkait program MANTAP, sudah saatnya disejumlah titik di Medan dipasang CCTV untuk mengawasi keamanan di Medan demi kenyamanan warga. Kemudian pihaknya akan menata kelola kawasan Medan yang ramah lingkungan, dan bersih dari sampah. Serta sebagai calon pemimpin, harus mengayomi dan dekat dengan masyarakatnya. 

"Tentunya Medan ini harus kita jaga bersama - sama, agar aman dan nyaman warganya," cetus Dato Syaiful.
Selain partai Golkar, Dato Syaiful juga telah menjalani fit and proper test ke partai lain seperti Gerindra dan Nasdem. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00