• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Waspadai Virus Corona, Dinkes Sumut Surati 33 Kabupaten/Kota

21 January
12:21 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona yang mewabah di Cina saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan melalui Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinkes Sumut, Suhadi, mengatakan, peningkatan kewaspadaan itu dengan mengirimkan surat edaran ke 33 Dinkes kabupaten kota se-Sumut.

"Kami mengikuti edaran dari Kemenkes dan kami telah membuat edaran ke kabupaten kota untuk mengantisipasi tentang influenza ini," katanya kepada rri.co.id, Selasa (21/1/2020).

Menurut Suhadi, virus corona yang mewabah di Cina tersebut sama dengan influenza biasa (virus influenza/H1N1) yang umumnya menyebabkan flu pada manusia. Virus tersebut juga sempat mewabah di Indonesia pada 2009 lalu.

"Ini kan influenza biasa. Tapi karena sudah diwarning oleh pemerintah maka kami lanjutkan ke kabupaten kota. Isinya kewaspadaan tentang flu yang mewabah di Cina itu," ujarnya.

Dikatakan Suhadi, peningkatan kewaspadaan pertama kali dilakukan di bandara sebagai pintu masuk Negara. Terutama menjelang Tahun Baru Imlek, untuk mengantisipasi adanya warga yang datang dariDi bandara, pemeriksaan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan. Sementara Dinkes Sumut melakukan pengamatan jika ditemukan kasus.

Menurut Suhadi, virus tersebut tidak terlalu berbahaya sehingga tidak perlu terlalu dikawatirkan. Sebab, meskipun penyebarannya cepat tetapi angka kematiannya sangat rendah. Berbeda dengan virus H5N1 atau flu burung itu yang akan kematiannya tinggi. Namun dikatakan Suhadi, jika kasus influenza itu tinggi akan menjadi permasalahan kesehatan karena menyebabkan produktifitas masyarakat rendah.

Tetapi sejak dua minggu lalu mengirimkan surat edaran ke kabupaten kota, hingga kini tidak ada laporan terkait penemuan kasus tersebut di daerah. Surat edaran terkait peningkatan kewaspadaan terhadap virus corona bersamaan dengan surat edaran dalam penanganan penyakit infeksi emerging (PIE), termasuk pneumonia.

Isi surat tersebut meminta kesiapsigaan pelayan kesehatan, khususnya rumah sakit untuk menghadapi kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit infeksi emerging termasuk pneumonia, juga flu burung dan corona. Hal itu karena perubahan cuaca dapat menimbulkan berbagai pengaruh pada perkembangan virus-virus penyakit.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00