• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Kalah Atas Penang FA, PSMS Juru Kunci Turnamen ERC

18 January
18:41 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Tuan rumah PSMS Medan harus puas menjadi juru kunci di turnamen sepakbola internasional 'Edy Rahmayadi Cup' 2020. Setelah di laga perebutan tempat ketiga yang berlangsung di Stadion Teladan Medan Sabtu (18/1) sore, tim berjuluk ayam kinantan menelan kekalahan dari Penang FA dengan skor 6-4 (1-1), setelah laga diakhiri melalui adu penalti.

Sejak kick of babak pertama, PSMS mengambil inisitif serangan. Tim asuhan Philip Hansen menurunkan komposisi pemain berbeda dari laga sebelumnya. Sang kapten tim Legimin Raharjo diturunkan sejak menit awal. Menit ke - 4 PSMS mendapat peluang mencetak gol melalui Hamdi. Sayang, sepakannya masih mampu di blok bek Penang. 

Menit ke - 16 striker Penang FA Endrick Dos Santos melepaskan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun, bola masih bisa diamankan penjaga gawang PSMS, Herlian.

Petaka bagi tuan rumah akhirnya terjadi di menit ke -20, saat Penang mampu membobol gawang PSMS. Gol berawal dari sepakan pojok dari sisi kanan yang diperoleh Penang. Umpan Lee Chang Hoon yang mengarah ke mulut gawang PSMS, mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Anselmo Da Silva dengan sundulan yang menghujam deras ke gawang.

Tiga menit berselang Endrick Dos Santos hampir menggandakan skor. Eksekusi tendangan bebas Endrick dari jarak 25 meter masih melambung. Kemudian meski unggul Penang kembali melencarkan serangan. Menit ke -42 eksekusi tendangan bebas kedua Endrick juga masih bisa diamankan kiper PSMS Herlian. Psms juga punya peluang jelang turun minum. Namun sepakan Yohanis Nabar masih lemah, sehingga dengan mudah diamankan penjaga gawang Penang, Samuel Jacob.

Memasuki babak kedua, Philip Hansen memasukkan Elinasoka untuk menambah daya gedor tim. Alhasil, gol penyeimbang yang ditunggu suporter tuan rumah datang di menit ke -59. Fiwi Dwipan yang mengeksekusi tendangan bebas dari jarak 20 meter sukses membobol gawang Penang melalui sepakan kaki kanannya yang mengarah ke sudut kiri gawang.

Menit ke -80 PSMS punya kesempatan berbalik unggul. Akan tetapi ekseskusi tendangan bebas Andre masih melambung jauh dari gawang Penang. Begitu juga tendangan bebas yang dieksekusi Fiwi dari sisi kanan pertahanan Penang, masih melambung. Hingga babak kedua berakhir, kedudukan imbang 1-1, sehingga penentuan pemenang melalui drama adu penalti. 

Pada tendangan adu penalti, tiga pemain PSMS sukses mencetak gol, Yudha Rizki, Fiwi Dwipan, Andre Prambudi. Sedangkan gagal menendang bola masuk ke gawang Yohanes Nabar. Sedangkan Penang FA, lima penendangnya sukses mencetak gol, yakni Endrick, Rafael Vitor Santos, M Syukur, Mohd Daniel Irfan, dan Nurshamil. 

Usai laga pelatih PSMS Philip Hansen mengatakan kekalahan timnya tidak menjadi problem, sebagai sejak awal timnya tidak target juara, melainkan tampil maksimal. Secara permainan Philip juga cukup puas. 

"Saat ini PSMS berpikir positif semua pemain sama. Dari komitmen awal, saya butuh 16 pemain inti. Jadi, siapa saja yang lima itu siap dimainkan. Tapi syukur alhamdulillah, anak - anak bisa mengimbangi tim lawan," ujar Philip Hansen. 

Sementara manager Penang FA Ong Eng Hua mengatakan, pada laga itu tim PSMS menerapkan permainan agresif yang menyulitkan timnya. Menurut Ong, jika ada penambahan pemain baru jelang liga 2, maka PSMS siap untuk bersaing di musim ini. 

"Memang PSMS satu tim kuat, walaupun di perkuat semua pemain baru, tapi dari segi permainan cukup agresif. Boleh jika ada latihan maksimal, terlebih kalau ada pemain tambahan saya rasa bagus untuk PSMS ke depan ," ucap Ong. 

Dengan kemenangan ini, Penang FA memastikan diri merebut posisi ketiga, sedangkan PSMS harus puas sebagai juru kunci. Sementara laga kedua dilanjutkan dengan partai final antara Felda United FC melawan Boeung Ket FC, yang rencananya dimulai pukul 19.00 WIB. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00