• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jamaludin dan Jefry Ternyata Berteman Cukup Akrab

16 January
19:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Teka - teki kedekatan hakim pengadilan negeri Medan Jamaluddin dengan tersangka JP alias Jefri Pratama terjawab sudah. Almarhum Jamaludin ternyata memiliki kedekatan dengan Jefri. 

Anak kedua Jamaluddin dari mantan istri pertama Rajid (18)  mengatakan Jefri kerap bertandang ke rumahnya saat dirinya masih berada di Medan dan belum kuliah ke Jakarta. 

" Tapi enggak ngeh aja (pembunuhnya ZP), 

Waktu (itu) saya masih di Medan, sekarang saya kuliah di Jakarta," ujar Rajid saat menyaksikan rekrontruksi pembuangan jenazah ayahnya di  lahan sawit yang berada di Dusun II Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (16/1/2020).

Saat ZP bertandang ke rumahnya, Rajid tidak tahu kedekatan antara almarhum ayahnya dengan pelaku. Sepengetahuan Rajid, mereka hanya teman bermain dam batu ayahnya bersama teman lainnya setiap malam Jum'at.

"Setau saya dia bermain (dam),  batu dengan ayah saya. (Bermainnya) ramai-ramai. Tapi belakangan ini sudah jarang," ujar Rajid.

Saat rekrontruksi Rajid sama sekali tak ada air mata maupun  umpat saat menyaksikan adegan tersangka Jefri Pratama  dan Reza Fehlevi membuang jasad Jamaludin ke jurang. 

Lelaki berkacamata ini tampak, sabar menyaksikan setiap reka adegan. Bahkan dia menyempatkan diri melihat, jurang sedalam 20 meter, tempat Jamaludin ditemukan  tewas. 

Kepada pada awak media Rajid, tidak menyangka kalau pembunuh ayahnya adalah ibu tirinya Zuraida, Dia berharap hukum ditegakkan seadil adilnya.

"Gak manusiawi kelakuannya, Minimal (harus) dihukum seumur hidup," ujar Rajid.

Bahkan, awalnya Rajid tidak curiga bahwa ibu tirinya (ZH) adalah otak pelaku pembunuhan itu. Namun, saat keterangan dari saksi dan dimintai keterangan awak media, jawaban ibu tirinya berbelit - belit. 

"Awalnya kami tidak curiga. Tapi, yang anehnya beliau menjawab pertanyaan polisi bohong. Yang katanya pagar rusak karena sempat ditabrak. Sudah gitu, padahal CCTV gak rusak, beliau (ZH) yang mencopot," akuinya.

Terpisah Dirkrimum Polda Sumut Andi Rian mengatakan, Jefry dan Jamaludin saling kenal lantaran keduanya sama seorang wali murid di sekolah anaknya.

"Mereka memang kenal, karena sama - sama wali murid. Anak mereka satu kelas sehingga sering jumpa. Selain itu, korban dan istrinya sering mengundang wali murid lain makan ke rumah, "ujar Andi Rian.

Sebelumnya Jamaluddin ditemukan tewas

di dalam mobil Toyota Prado, Jumat (29/11) di Dusun II Namo Bintang Desa Suka Dame Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Setelah menyelidiki hampir 40 hari, polisi  berhasil mengungkap kasus pembunuhan ini, pelakunya ternyata istrinya Zuraida Hanum. Dia dibantu oleh 2 orang eksekutor yakni Jefri Pratama dan Reza Fahlevi.

Zuraida mengaku nekat menghabisi suaminya karena tidak tahan dengan tingkah laku Jamaluddin, yang kerap berselingkuh dengan wanita lain.

" Dia selalu mengkhianati saya. Saya lagi hamil pun dia bawa perempuan ke rumah. Saya sudah mengadu ke keluarganya dan mengadu ke kakak kandungnya, adik kandungnya, tapi mereka tak berdaya apa-apa," ujar Zuraida saat proses rekrontruksi di Warung Every Day, Senin (13/1). (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00