• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Modus Korban Lakalantas, Pelaku Begal Tewas Ditembak

13 January
20:52 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan menembak mati seorang pelaku begal yang kerap beraksi di wilayah Belawan. Selain menembak mati satu pelaku, polisi juga melumpuhkan satu pelaku dengan timah panas. Dalam aksinya, kawanan ini pura-pura menjadi korban kecelakaan lalulintas.

Peristiwa terjadi pada 30 Oktober 2019 sekira pukul 03.00 dinihari. Korban Ahmad Mujib Novianto hendak pulang ke rumahnya dan melintas di Jalan Pelabuhan Raya I Simpang Selebes Kelurahan Belawan II, Kecamatan Belawan.

Tiba-tiba, korban yang mengendarai sepeda motor melihat seorang pria berdiri di tengah jalan dan menyetop korban sembari mengaku baru saja mengalami kecelakaan dengan berkata sembari memeluk motor korban "tolong antarkan aku, aku baru kecelakaan."

Melihat pelaku yang berpura menjadi korban tidak mengalami luka, korban pun curiga dan mundur. Sesaat kemudian, dari arah belakang muncul dua orang pria. Satu orang pelaku kemudian menodong korban dengan pisau dan satu orang pelaku lainnya memegangi tangan korban. Pelaku kemudian memotong tas yang dibawa korban. Tas itu berisi uang tunai Rp 10 Juta dan surat-surat berharga lainnya. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polres Belawan.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormin dalam paparannya menjelaskan, dari penyelidikan, polisi kemudian mengetahui bahwa otak pelaku perampokan uang Rp 10 juta itu adalah Abnansyah alias Menan. Pelaku berhasil diamankan pada 12 Januari 2020. "Pada hari Minggu 12 Januari, dilakukan penangkapan terhadap tersangka Menan di Jalan Amal Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Labuhan. Namun saat diminta menunjukkan barang bukti, tersangka menyerang petugas dengan parang sehingga dilakukan tindakan tegas terukur yang menyebabkan tersangka Menan meninggal dunia," jelas Martuani.

Martuani yang didampingi Kapolres Belawan AKBP MR Dayan menjelaskan bahwa polisi masih memburu pelaku lain komplotan ini untuk segera menyerahkan diri kepada polisi. "Kita imbau untuk menyerahkan diri," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, polisi juga merilis pengungkapan kasus pencurian kekerasan yang dilakukan M Evan Erik Syahputra (30). Warga Pasar 10 Desa Manunggal yang menjadi tersangka perampokan juga mendapat tembakan tegas, tepat, dan terukur. (Joko Saputra) 

  • Tentang Penulis

    Joko Saputra

    Reporter Medan

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00