• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

15 Adegan Diperagakan Pada Rekontruksi Perencanaan Pembunuhan Hakim

13 January
19:05 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) bersama Polresta Medan menggelar rekontruksi perencanaan kasus pembunuhan terhadap hakim pengadilan negeri Medan Jamaluddin, pada Senin (13/1) siang.  Proses rekontruksi awal ini hanya terkait rencana pembunuhan yang dilakukan oleh ketiga tersangka. Total ada 15 adegan yang dipergakan tersangka di rekontruksi perencanaan pembunuhan, dari 5 lokasi besar yang dijadikan tempat pertemuan bagi ketiga tersangka.

Dari rekontruksi awal, pertemuan berlangsung pada awal November di sebuah Cafe di kawasan Ringroad Medan. Dalam rekontruksi awal, memperagakan pertemuan antara ZH dengan ZP. Kemudian rekontruksi berlanjut  ke warung milik pelaku RF yang ada di Medan Selayang. Disinilah adegan pertemuan antara RF dengan ZP. Kemudian rekontruksi ketiga dilakukan di sebuah cafe The Coffe Town, di Jalan Ngumban Surbakti, Medan Selayang pada 25 November 2019. Disinilai untuk pertamakalinya ketiga pelaku bertemu sekaligus membahas rencana pembunuhan. Kemudian rekontruksi dilanjutkan ke pasar melati, yang menjadi lokasi pembelian sejumlah peralatan bagi pelaku untuk mengeksekusi korban. Serta sejumlah lokasi pembelian barnag lain seperti toko ponsel. Serta lokasi terakhir di perumahan Mercy, Medan Johor. 

“Kalau sesuai rencana, di seluruh tahap perencanaan itu ada 15 adegan, ini beratikan ada 15 lokasi tetapi mungkin beebrapa lokasi yang banyak itu adalah dimana lokasi tersangka itu melakukan pembelian pembelian peralatan sebelum kembali mereka melakukan pertemuan sehari sebelum eksekusi,” ucap Dirkrimum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian, Senin (14/1) siang saat memimpin rekontruksi di cafe the coffee town, Jalan Ngumban Surbakti Medan.

Andi Rian mengatakan, rekontruksi awal ini hanyalah memperagakan awal mula ketiga pelaku melakukan perencanaan pembunuhan sebelum eksekusi. Dari kelima lokasi besar, lokasi ketiga yakni di cafe the Coffe Town menjadi pertemuan ketiga pelaku untuk pertamakalinya. 

“Hari ini kita lakukan rekontruksi pertama, yaitu rekontruksi tahap perencanaan. Dimana lokasi kita berada sekarang ini adalah tempat adegan ketiga. Dimana pertamakali ketiga tersangka bertemu. Di lokasi pertama (every day) itulah lokasi pertemuan pertama merencanakan antara tersangka ZH dan tersangka ZP. Lokasi ini (then coffe town), dimana ketiga tersangka termasuk RF bertemu,” ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan Andi Rian, di lokasi The Coffee Town itulah menjadi lokasi pematangan perencanaan pembunuhan. Mulai merencanakan membeli peralatan dan perlengkapan, pembagian peran, hingga transaksi penyerahan uang. Selama rekontruksi perencanaan, tidak ada saksi yang terlibat karena murni inisiatif pertemuan ketiga pelaku. 

“Ini salah satu tempat mereka merencanakan. Termasuk pembagian tugas. Kalo saksi sementara tidak ada yang kita libatkan di dalam proses rekontruksi perencanaan ini, karena ini semata - mata memang pertemuan berdasarkan kesepakatan – kesepakatan mereka,” jelas Kombes Pol Andi Rian.  

Pada proses rekontruksi, pihaknya juga melibatkan pihak kejaksaan negeri Medan dan pengacara tersangka agar saat persidangan semua keterangan hasil rekontruksi jelas. “Hari ini kita selesaikan tahap perencanaan karena ini cukup panjang. Tim penyidik ingin memastikan betul – betul unsur perencanaannya itu terpenuhi. Makanya kita lihat proses rekontruksi ini mengajak teman – teman jaksa. Sehingga nanti waktu proses pembuktian tidak ada lagi yang meleset,” ungkapnya. (Joko Saputra)  

  • Tentang Penulis

    Joko Saputra

    Reporter Medan

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00