• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Gaya Hidup

Makan Sembarangan Picu Penyakit Degeneratif

13 January
16:23 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Banyak masyarakat saat ini terkena penyakit degeneratif karena pola makan yang tidak sehat. Karena itu, umat diajak untuk kembali ke pola hidup sehat dengan melaksanakan syariat-syariat Islam serta memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.


Hal itu diungkapkan dr Zaidul Akbar, dalam kajian menu makanan sehat dan metode pengobatan sirah nabawiyyah bertema 'The Real Food' yang diselenggarakan Komunitas Sedekah Bareng, di Masjid Aceh Sepakat Medan, Minggu (12/1/2020).

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu mengungkapkan, mengkonsumsi makanan sembarangan dapat memicu munculnya penyakit degeneratif seperti kencing manis (diabetes), jantung, stroke, asam urat, darah tinggi, dan kolesterol.

"Penyakit degeneratif terjadi akibat terlalu banyak radikal bebas yang masuk melalui makanan. Jadi makanan yang dikonsumsi tinggi gula, miskin serat, miskin enzim, miskin vitamin," ujarnya.

Zaidul Akbar mengajak masyarakat kembali mengikuti gaya hidup orang-orang zaman dahulu yang lebih memilih makanan alami tanpa proses kimiawi.

“Kembali ke zaman orangtua kita dahulu bagaimana mereka makan dulu. Mereka makan ubi direbus, pisang direbus, jahe, rempah-rempah, dan segala macam yang tidak banyak kemasan dan tidak banyak gula,” ujarnya.

Dikatakan Zadiul Akbar, saat ini karena alasan modernisasi dan semua ingin instan, menciptakan sebuah permintaan baru.

“Maka itu tidak bisa dihentikan. Tapi kita bisa mikir. Jangan sampai gara-gara apa yang kita makan justru menyusahkan orang, keluarga dan menyusahkan negara," ujarnya.

Zaidul Akbar menuturkan, saat ini beban negara cukup besar untuk membiayai pengobatan penyakit degeneratif yang dipicu dari makanan. Namun ia mengingatkan bahwa Allah menciptakan obat yang murah dengan tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitar kita.

“Di daerah Jazirah Arab, tumbuh kurma dengan subur sebagai sumber makanan. Di sini (Indonesia), Allah ciptakan negeri tropis berlimpah buah-buahan, sayur-sayuran, yang luar biasa kaya rempah- rempah. Itu merupakan onderdil atau suku cadang untuk memperbaiki tubuh kita. Tinggal kita optimalkan itu saja,” tegasnya.

Menurut Zaidul Akbar, untuk memulai hidup sehat sebenarnya tidak sulit asalkan memiliki kemauan. Untuk umat Islam, ia mengajak kembali melaksanakan syariat-syariat dengan baik.

"Ada tuntutan nabi dengan berpuasa, bangun tengah malam. Jadi bahasa sederhananya, melakukan syariat dengan penuh kecintaan kepada Allah dimulai dengan berpuasa, bangun malam, dhuha, sedekah. Karena itu semua menyehatkan," ujarnya.

Sementara Founder Sedekah Bareng, David Afrianto menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk menambah ilmu umat dalam menjaga makanan agar tubuh menjadi lebih sehat sehingga dapat meningkatkan ibadah.

Kegiatan tersebut dihadiri ribuan masyarakat dari Kota Medan sekitarnya serta dimeriahkan bazar makanan sehat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00